kesehatan

Tidur Cukup Namun Tetap Merasa Letih, Ini Dia Penyebabnya!

36ACF0B5-1BDF-4891-904A-C42B80FB4573

SURABAYA, JURNAL9.tv- Hampir semua orang percaya tidur adalah cara terbaik untuk kembali memulihkan tubuh dari kelelahan. Namun, pernah kah akhi dan ukhti mengalami letih justru setelah tidur cukup 7 sampai 8 jam sehari?

Kalau iya, itu tentu bisa mengganggu produktivitas kerja dan konsentrasi aktivitas sehari-hari. Tapi tenang, kamu tidak sendirian. Banyak orang yang juga mengalami hal ini. Namun mereka tak menyadari sebab mengapa tubuh masih merasa letih. Nah, untuk itu simak ulasan berikut ini:

1. Tubuh Kamu Dehidrasi
Coba diingat-ingat lagi, sehari berapa asupan air minum yang telah akhi dan ukhti berikan pada tubuh? Rasa letih yang kamu alami bisa disebabkan dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan akan membuat organ vital di dalam tubuh tidak berfungsi dengan efesien. Jantung misalnya, ia akan memompa darah dan mengirim oksigen lewat darah jauh lebih lambat dalam keadaan dehidrasi sehingga sinyal lelah dikirimkan otak. Ia ingin menyampaikan: Hai, ada yang salah denganmu, Tuan dan Nyonya. Tubuh manusia terdiri dari 85 persen air, you know.

2. Apakah Kamu sedang Stres atau Depresi?
Ibnu Sina berabad-abad silam telah menemukan kolerasi jiwa yang sehat dengan tubuh yang sehat. Maka, coba tanyakan pada diri sendiri. Apakah kamu sedang stres atau depresi? Ini berdampak bukan hanya pada kualitas hidupmu secara mental, tapi juga secara fisik. Stres dan depresi membuat tubuh memproduksi hormon kortisol dalam jumlah besar yang berakibat pada rasa letih yang berlebih. Lebih dari itu, ia juga berdampak pada nafsu makan, kesehatan kulit dan kemampuan berkonsentrasi.

3. Kualitas Tidur yang Buruk
Tidur cukup bukan hanya tentang kuantitas waktu tidur 7 sampai 8 jam sehari lo akhi wa ukhti. Kualitas tidur juga amat penting dijaga.

Kalau seharian ini merasa letih, coba tanya pada diri sendiri, apakah kamu tidak meninggalkan ponsel 1 jam sebelum tidur? Peneliti di Rensselaer Polytecnic Institute di New Yoark As memaparkan cahaya ponsel dapat menurunkan kadar hormon melantonin hingga 23 persen. Padahal, hormon ini membantu kamu memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

Selain itu kualitas tidur yang buruk juga dapat disebabkan oleh gangguan sleep apnea di mana kondisi pernafasan kamu terganggu saat tidur. Apakah kamu mendengkur saat tidur? Mendengkur menjadi salah satu gejala sleep apnea loh. Gangguan tidur ini berpengaruh pada pasokan oksigen saat tubuhmu beristirahat dan beregenerasi menjadi sangat berkurang. Alhasil, akhi wa ukhti saat bangun pagi tetap merasa letih.

4. Lonjakan Gula Dalam Darah
Walaupun kamu tidak memiliki riwayat penyakit gula darah, mengonsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat membuat lonjakan kadar gula darah di dalam tubuhmu. Akhirnya, hormon insulin yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan dan penggunaan gula darah meningkat tajam ini akan membuat tubuh merasa lelah dan juga letih, meski sudah tidur cukup.

5. Anemia
Rendahnya kadar hemoglobin dalam darah atau HB biasa kita kenal dengan istilah anemia atau kurang darah. Meski kamu telah tidur cukup. Anemia membuat kamu merasa lelah dan letih seharian. Ini karena hemoglobin yang berfungsi mengikat oksigen dalam darah dan mengedarkannya ke seluruh organ tubuh jumlahnya kurang memadai. Jika organ tubuhmu bagaikan tim, maka kekurangan oksigen yang diterima membuatnya menjadi lebih cepat letih.

Pertimbangkan kondisi-kondisi tersebut ya akhi wa ukhti jika kamu merasa lelah dan letih seharian padahal tidur cukup. Konsultasikan dengan dokter apabila kondisi tersebut mengganggu produktivitasmu. (eab/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top