kesehatan

Ini 5 Tanda Tubuh Kita Cukup Nutrisi

D42AE2BA-76B0-4350-A35F-EAE11768AD8B

SURABAYA, JURNAL9.tv- Ribuan tahun lalu, Socrates mengatakan: Makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan. Filsuf dari Yunani kuno ini seolah meminta kita untuk mengingat kembali, apa sebenarnya tujuan dari aktivitas makan yang kita lakukan. Yakni, untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita terhadap energi dan nutrisi.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui bahwa tubuh telah tercukupi nutrisinya? Sebenarnya Ada beberapa cara sederhana loh untuk mengetahui apakah kita telah memenuhi kecukupan gizi. Yuk, simak ulasannya untuk kamu.

1. Kulit Glowing dan Lembab
Kulit yang glowing dan lembab tidak hanya menjadi terkait urusan dunia kecantikan, tapi juga kesehatan. Ia dapat menjadi indikator kesehatan dan kecukupan nutrisi dalam tubuh kamu. Zat gizi omega-3 membantu menyehatkan jaringan lipid kulit, kekurangan omega-3 membuat jaringan kulit kamu lebih kering dan bersisik. Selain itu terpenuhinya antioksidan dan mineral membuat kulit lebih kenyal dan segar.

2. Bibir Lembut Tidak Kering
Taukah kamu bahwa bibir yang lembut menjadi tanda selanjutnya bila kamu kecukupan vitamin B2 (riboflavin). Selain karena dehidrasi defesiensi vitamin B2 membuat bibir kamu kering dan pecah-pecah. Bila tubuhmu menunjukkan hal ini sebagai bentuk komunikasi padamu, kamu harus mulai memperhatikan apa yang jadi kebutuhannya ya akhi wa ukhti.

3. Kuku yang Kuat dan Halus
Perhatikan kondisi kuku, ini cara sederhana selanjutnya untuk mengetahui apakah kamu memperoleh nutrisi yang cukup dari makan. Kuku yang kuat, tidak mudah patah, tidak pucat menunjukkan kebutuhan zat besi, mineral dan vitamin komplek B7 (biotin) dan B2 (riboflavin) tercukupi.

4. Rambut Berkilau dan Kuat
Terpenuhinya kebutuhan protein sebagai bahan baku pembentukan dan perbaikan sel juga dapat dilihat dari tampak helaian rambutmu. Bila kamu memiliki rambut yang berkilau dan kuat bisa diartikan kebutuhan nutrisimu berada di kondisi yang baik. Hal ini dikarenakan vitamin, mineral, kolagen dan protein menjadi bahan baku agar rambutmu tumbuh dengan sehat.

5. Tidak Mudah Merasa Lelah
Tubuh yang selalu bersemangat dan tidak mudah lelah merupakan dampak bahwa kamu cukup istirahat. Selain itu makanan yang kamu konsumsi memberikan suplai nutrisi yang baik terhadap tubuhmu. Tercukupi karbohidrat, vitamin B, magnesium dan zat antioksidan membantumu dalam memproses produksi energi dalam sel mitokondria dalam tubuhmu.

Jadi, bagaimana akhi wa ukhti. Coba perhatikan ciri-ciri ini barangkali jika kamu tidak memiliki masalah di antara lima poin tersebut, anggap saja tubuhmu sedang mengajak berbicara dengan bahasa yang berbeda tentang apa yang ia butuhkan. (eab/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top