kesehatan

Ngantuk dan Lemas Usai Makan? Bisa Jadi Kamu Alami Food Coma

53BFFF18-ABB8-4F00-B223-26EA1172BA45

SURABAYA, JURNAL9.tv-Perut kosong dan rasa lapar membuat tubuh kita lesu, kurang bersemangat, dan bisa mengganggu produktivitas. Namun, saat mengambil pilihan untuk mulai makan besar demi mengisi energi dan menjaga mood, ternyata hasilnya tak sesuai harapan. Kamu malah merasa mulai oleng, letih dan mengantuk. Ayo siapa pernah begitu? Ngaku.
Perlu akhi dan ukhti ketahui, keadaan ini biasa disebut dengan food coma atau postprandial somnolence. Berharap lebih produktif setelah makan besar, dapatnya justru merasa letih dan malas melakukan hal apapun. FYI, for your information: Kondisi food coma ternyata telah lama diteliti oleh para ilmuwan.

Selain terlalu banyak makan sehingga tubuh mengeluarkan ekstra energi untuk mengolah makanan, asupan nutrisi juga memberikan andil pada kondisi food coma. Mengutip situs The Conversation, beberapa peneliti Jerman menemukan indeks glikemik yang tinggi bila mengonsumsi karbohidrat berlebih. Akibatnya insulin meningkatkan kinerjanya dalam penyerapan dan penggunaan glukosa dalam aliran darah. Akhirnya, masuklah asam amino yang disebut dengan tryptophan ke dalam otak dan menyebabkan rasa kantuk.

Raphael Kellman, seorang peneliti sekaligus pendiri Pusat Kesehatan Kellman mengatakan nih kalau makanan olahan/junk food, makanan tinggi gula dan kabohidrat olahan juga mampu menyebabkan kadar glukosa naik dan turun dengan cepat di dalam darah akhi wa ukhti semua. Agar kamu tetap produktif dan semangat usai makan besar, perhatikan zat gizi dalam makananmu.

1. Perhatikan Asupan Nutrisi
Kudu banget nih, kudu seimbang porsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Agar peningkatan glukosa dalam darah kamu kurvanya enggak langsung naik terus turun drastis. Kurang-kurangin juga deh makanan olahan, boleh sih sesekali aja yah.

2. Makan Tidak Berlebihan
Adakalanya kita ngerasa nih, makanku enggak berlebihan kok. Eh, tapi apa mau dikata nih akhi wa ukhti tubuh kita ngasih sinyal kalau memang kita sudah makan terlalu berlebih. Sudah peka belom nih sama sinyal yang dikasih tubuh kita? Sama diri sendiri aja belum peka, gimana sama ‘Si Dia’ ye khann.

3. Bergerak Aktif Setelah Makan
Setelah makan usahakan tetap menstimulasi otot kamu ya akhi wa ukti agar tetap aktif bergerak. Soalnya nih, otot kamu yang bergerak membutuhkan energi. Ini akan memantik proses pengolahan glukosa dari makanan yang sudah kamu konsumsi. Tentu tubuh akan terasa lebih ringan dan segar ya akhi wa ukhti.

Oke. Semoga bermanfaat. (eab/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top