kesehatan

Kerjakan Sunnah Ini, Agar Dapat Pahala dan Berat Badanmu Terjaga

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

Foto Ilustrasi

SURABAYA- Sebaik-baik akhlak adalah akhlak Rasulullah SAW. Beliau memberikan teladan dan tuntunan dalam segala aspek kehidupan. Salah satunya dalam hal menjaga kesehatan badan.

Agar badan kita sehat, Rasulullah menganjurkan kepada kita bagaimana cara makan yang sehat. Salah satunya bagaimana cara kita mengunyah makanan.

Rasullullah SAW menganjurkan kepada kita untuk mengunyah makanan 33 kali dan makan dengan tidak terburu-buru. Kenapa?

Berdasar hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietics disebutkan, bahwa seseorang akan mengonsumsi kalori lebih sedikit ketika makan dengan perlahan.
Berikut ulasanya untuk kamu:

1. Mengunyah makanan dengan baik membuat kita tidak terburu-buru menghabiskan semua makanan di hadapan kita. Berat badan terjaga, uang jajan juga jadi kebih aman ya akhi wa ukhti

2. Sementara kamu makan dengan tenang otak memperoleh waktu yang cukup untuk menerima sinyal dari hormon leptin yang bertugas memberi tahu bahwa kamu sudah kenyang dan segera berhenti makan. Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrient mengemukakan mereka yang makan dengan tenang dan santai memiliki hormon ghrelin lebih rendah, hal ini berdampak pada porsi makan yang lebih sedikit.

3. Menguyah makanan dengan baik membuat proses kimiawi antara makanan dan enzim-enzim di dalam pencernaanmu berjalan lebih optimal, nutrisi terserap dengan lebih baik karena pada dasarnya makanan yang tidak dikunyah secara maksimal dapat menyulitkan tubuh untuk menyerap vitamin, mineral untuk tubuh. Alhasil, kebiasaan tersebut menyumbang masalah-masalah metabolisme dikemudian hari.

4. Peneliti dari Lithuanian University of Health Science mengemukakan bahwa makan dengan tenang berkaitan erat dengan pencegahan resistensi insulin dalam tubuh. Hormon insulin yang bekerja dengan baik mampu memberikan kontrol terhadap kadar gula dan menurunkan risiko seseorang terserang diabetes.

5. Mengunyah makanan terlalu cepat membuat udara turut terkunci dan tertelan dalam organ pencernaan kamu. Hal ini menyebabkan perut kembung dan perasaan tidak nyaman di lambung.

Wah, mengunyah makanan dengan baik dan tenang tindakan sederhana ternyata memberikan segudang manfaat untuk kita ya gais. Dapat pahala karena melaksanakan kesunnaha, juga dapat bonus tubuh sehat dan berat badan terjaga. (*)

Penulis: Lita Agustina

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top