kesehatan

Guys, Ini Manfaat Lain dari Mengonsumsi Probiotik

96270046-2CAA-418F-A0B1-C79FCD2876F2

SURABAYA, JURNAL9.tv – Probiotik bukan hal baru di pasar Indonesia. Beragam produk dikenalkan mulai dari minuman, es krim, keju hingga olahan yogurt. Probiotik dikenal sebagian besar masyarakat kita sebagai “bakteri baik” yang bermanfaat bagi pencernaan. Ternyata tidak hanya itu loh akhi wa ukhti, manfaat probiotik.

Oya, sebelumnya kalian sudah tahu belum nih perbedaan probiotik dan prebiotik. Nyaris terdengar sama ya, padahal beda. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang ada di dalam usus kita seperti lactobacillus dan bifidobacteria. Sedangkan, prebiotik adalah asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik seperti pisang, bawang merah, bawang putih, kacang-kacangan dan pepaya. Sudah tahu kan letak perbedaannya?

Lanjut…, meski ukurannya super kecil probiotik menyimpan beragam manfaat bagi ukhti untuk tetap cantik dan tampil bugar. Berdasar data dari situs Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gajah Mada . Berikut ulasannya untuk kamu:

1. Mengatasi Diare
Bila sedang mengalami sembelit kita kerap menjatuhkan pilihan untuk mengonsumsi olahan makanan yang memiliki kandungan probiotik. Bukan hanya itu lho..keseimbangan bakteri baik di usus dapat mencegah dan mengatasi diare yang disebabkan antibiotik dan gangguan penyerapan laktosa.

2. Membantu Penyerapan Vitamin D
Studi yang dipublikasikan Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menyatakan konsumsi probiotik dapat meningkatkan serapan Vitamin D, 25 persen lebih baik. Temuan ini menjadi bukti pertama yang menyatakan probiotik memiliki peran dalam menjaga kadar nutrien penguat tulang dalam tubuh.

3. Mencegah Penuaan Dini
Probiotik mampu mengasimilasi dengan lebih baik nutrisi dari makanan yang kita makan. Sehingga kulit menerima antioksidan, vitamin dan mineral dengan maksimal.

4. Jantung Lebih Sehat
Ahli diet di New York, Zuckerbrot, MS, RD menyampaikan bahwa bakteri baik mempergunakan kolesterol untuk menstabilkan membran sel mereka saat bertumbuh di dalam usus. Hal ini berkontribusi pada penurunan kolesterol jahat sebelum terserap dalam organ tubuh lain seperti jantung.

5. Menyehatkan Organ Liver
Kemampuan probiotik untuk mengikat toksin membantu kinerja liver, sehingga bekerja dengan lebih baik. Kulit kamu lebih cerah dan mata juga akan lebih bersinar ukhti.

6. Menjaga Kulit dari Jerawat
Metabolisme asam lemak yang kurang sempurna di dalam organ pencernaan kerap kali jadi penyebab masalah kulit seperti jerawat dan eksim. Agar metabolisme asam lemak berjalan dengan baik kondisikan microbiota dalam ususmu agar seimbang dengan mengonsumsi probiotik.

7. Sistem Imun yang Baik
Konsumsi probiotik yang berdampak pada sistem pencernaan yang baik mampu meningkatkan sistem imun kamu lho akhi wa ukhti. Tubuh yang sehat dengan kuatnya kekebalan tubuhmu akan memancarkan energi sehingga mendukung penampilanmu nampak lebih segar dan cantik ya ukhti. (eab/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top