PEMERINTAHAN

Hari Santri di Tengah Pandemi Covid-19, Tetap Semarak di Kota Probolinggo

BF3F1DC4-9748-46AA-AFD2-190E24B7D30A
Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo, Sardi menyerahkan tropi, piagam dan uang pembinaan kepada enam finalis Lomba Pildacil HSN 2020

PROBOLINGGO, JURNAL9.tv- Beragam lomba Semarak Hari Santri Nasional Tahun 2020 digelar Pemkot Probolinggo bersama PCNU Kota Probolinggo. Salah satu lomba yang paling banyak menyedot animo peserta adalah Lomba Pemilihan Dai Cilik (Pildacil).

Karena dilaksanakan di masa pandemi, panitia menetapkan aturan protokol kesehatan yang ketat. Pada sesi seleksi peserta, kegiatan digelar virtual agar lebih aman. Sementara sesi grand final dilaksanakan secara langsung di Puri Manggala Bhakti Kantor Pemkot Probolinggo, Sabtu (17/10/2020).

Grand final lomba Pildacil menyisakan enam peserta dari 31 peserta utusan berbagai SD dan sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI).

Para finalis yang berkompetisi merebut posisi terbaik di sesi grand final itu, bersaing ketat. Mereka beradu keterampilan berdakwah di hadapan tiga juri kompeten untuk memerebutkan juara 1, 2, 3 serta 3 juara harapan.

“Pada sesi seleksi juri memberikan penilaian kepada 31 peserta untuk dipilih 6 peserta masuk Grand Final. Materi lomba dikirim peserta berbentuk video kepada PCNU Kota Probolinggo,” kata Panitia HSN 2020, Masyhuri.

Masyhuri menyebut, tema Lomba Pildacil kali ini ‘Santri Sehat, Indonesia Kuat’ yang dipilih sesuai kondisi pandemi Covid-19. Tema itu telah ditentukan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Ragam lomba semarak Hari Santri Nasional (HSN) tersebut dapat disaksikan warga secara live streaming melalui akun resmi Pemkot Probolinggo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo, Moch Maskur, mengatakan meski sedang dalam masa pandemi Covid-19 bukan berarti anak-anak tidak dapat berkarya.

Kegiatan HSN tahun 2020 sebagai wadah bagi anak-anak untuk mengasah kemampuan dan kreativitas, dengan cara virtual dan protokol kesehatan yang ketat.

“Kita lihat bersama bahwa meski dalam masa pandemi, anak-anak mampu menggali bakat minatnya dengan kreativitas tinggi. Sebagai kader penerus bangsa, anak-anak ini perlu dipersiapkan secara matang,” ujarnya saat memantau langsung Lomba Pildacil di area Pemkot Probolinggo. (adv-ltf/rena)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top