Parlemen

Angka Pengguran Terbuka Meningkat, Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad Buka Pelatihan Terampil Bagi Millenial

Surabaya, Jurnal9.tv – Nilai investasi di Jawa Timur mengalami peningakatan pada paruh pertama 2022, Namun  naiknya invetasi tidak linier dengan peningkatan lapangan kerja. Hal ini dibuktikan dengan angka pengaguran terbuka yang justru meningkat 1,57 persen dibanding tahun 2020. Ini disikapi Anwar Sadad Wakil Ketua DPRD Jatim.

Ketua DPD partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad menghadiri pembukaan dua kelas pelatihan multimedia di kantor balai desa randugong, kecamatan kejayan kabupaten pasuruan. 

Dalam kegiatan pelatihan itu, ada agenda besar yang ingin didapat, yaitu menyiapkan tenaga terampil menyambut geliat investasi di Jatim yang dalam beberapa tahun terakhir meningkat. 

Gus Anwar Sadad juga menyoroti tingkat pengangguran terbuka di tahun 2022 yang naik 1,57 persen dibanding tahun 2020. Padahal realisasi investasi pada paruh pertama 2022 tumbuh 69,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Politisi muda NU ini menyebut, jika masalahnya ada pada minimnya tenaga terampil, maka mengoptimalkan 16 BLK dan puluhan LPK (lembaga pelatihan kerja) serta BLK milik lembaga-lembaga lainnya, merupakan cara paling efektif untuk menyiapakan tenaga kerja terlatih. 

“ini seperti ada anomaly, investasi tinggi tetapi penyerapan tenaga kerjanya minim. Saya berharab gubernur dan tim ekonominya, mengkaji secara serius, apakah masalahnya pada tenaga terampil, harus ada percepatan melakukan pelatihan kerja,” usul Sadad. (pzr/snm)



BERITA POPULER

To Top