PEMERINTAHAN

Bangkit Dari Pandemi Pamekasan Bangun Ekonomi Mandiri

cdfa54053805c4a7f07a2686eb2f2fc9_XL

PAMEKASAN. JURNAL9.tv – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Selain sebagai sumber dari dinamika ekonomi nasional, UMKM juga menyerap angkatan kerja nasional. Pada masa pandemi Covid-19, UMKM dinilai mampu bertahan dan dengan cepat beradaptasi pasa kondisi sulit.

Pemkab Pamekasan ikut mendorong pemulihan sektor ekonomi nasional. Pemkab Pamekasan membangun perekonomian mandiri melalui pembentukan toko swalayan Wamiramart, dan beberapa program lain guna bersama-sama memulihkan ekonomi sosial. Wamimart dibentuk sebagai tindak lanjut dari program wirausaha baru (WUB), yang merupakan program prioritas pemerintah. Program tersebut sudah mulai berjalan dan dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah setempat.

Wamimart ini khusus menjual produksi hasil kerajinan warga Pamekasan. Sekaligus akan menjadi tempat berniaga para pelaku usaha mikro di Kabupaten Pamekasan. Selain itu Pemkab Pamekasan menyampaikan berbagai hasil kerajinan masyarakat setempat nantinya akan dipromosikan di satu tempat yang akan disebar di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan.

Dalam berbagai kesempatan, Bupati Pamekasan Badrut Tamam seringkali menyampaikan lima program prioritas yang digagasnya selama memimpin Kabupaten Pamekasan. Satu di antaranya prioritas pembangunan sektor ekonomi melalui program WUB alias Saputangan Biru. Sementara empat program priroritas lainnya meliputi sektor reformasi birokrasi, bidang pendidikan melalui program beasiswa dan santri berprestasi, peningkatan sektor kesehatan melalui program Pamekasan Call Care, serta pembangunan infrastruktur secara bertahap, berkeadilan dan merata. Hanya saja dalam setahun terakhir, beberapa program yang digagas sempat mendapat kendala dengan adanya wabah Covid-19, sehingga terdapat beberapa program yang diarahkan pada saktor penanganan Covid-19. (twp)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top