kesehatan

Tips Jitu Pilih Sunscreen, Perlindungan Maksimal, Goodbye Whitecast!

455D3C4A-4798-428E-A864-6D561727154B

SURABAYA, JURNAL9.tv- Penggunaan tabir surya atau sunscreen adalah ritual perawatan kulit wajib bagi ukhti-ukti masa kini. Hanya saja kadang beberapa orang merasa kesulitan memilih mana yang tepat. Niat hati memberikan perlindungan kulit dari penuaan dan kerusakan, eh karena sunscreen yang dipilih tidak tepat justru terjadi sebaliknya. Muncul masalah baru pada kulit ukhti.

Nah, supaya kamu mendapatkan semua manfaat perlindungan, coba simak tips memilih sunscreen berikut ini:

Perhatikan Tingkat Perlindungan
Ukhti biasanya dalam kemasan sunscreen tercantum SPF (Sun Protection Factor) & PA (Protection Grade of UVA). SPF memberikan perlindungan dari UVB yang mampu merusak jaringan epidermis kulit sehingga membuatnya terbakar dan lebih gelap. Sedangkan PA memberikan perlindungan dari UVA yang mampu merusak jaringan kulit hingga lebih dalam.

Soalnya nih, karakteristik gelombang UVA memang lebih panjang dari UVB. Jadi UVA sering disebut perusak diam-diam. Diam-diam muncul kerutan, flek hitam dan rawan jadi penyebab penuaan dini.

Mengingat di negara kita beriklim tropis, tiap hari kita terpapar sinar matahari. Pastikan kamu memilih sunscreen dengan tingkat perlindungan SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UVA) minimal SPF 30 ya. Ini sesuai anjuran American Academy of Dermatology. SPF 30 mampu memberikan perlindungan 97 persen dari UVB dan jangan. Jangan abaikan pula tingkat perlindungan PA. Pilih PA dengan tanda +++ agar mampu melindungi kulit kita di iklim tropis ya ukhti.

Sesuaikan dengan Jenis Kulit
Kalau ukhti punya kulit berminyak dan cendrung berjerawat, pilih produk sunsreen berbahan dasar air. Biasanya nih, karakter sunscreen ini berbentuk lotion dan gel. Jadi cendrung ringan digunakan sehari-hari untuk kulitmu yang berminyak.

Jika kulit ukhti cendrung kering pilih yang berbahan dasar minyak, tekstur sunscreen ini lebih creamy. Sehingga membantu melembabkan kulit. Sedangkan jika kamu memiliki kulit yang cendrung sensitif atau punya masalah kulit tertentu hindari sunscreen yang mengandung alkohol, pewangi maupun pengawet yang berlebih ya ukhti.

Perhatikan Jenis Sunscreen
Kerap kali penggunaan suncreen memberikan efek putih atau keabu-abuan di wajah/ whitecast. Meski nanti akan hilang dengan sendirinya namun whitecast di kulit wajahmu membuatmu merasa kurang percaya diri. Ada dua jenis suncreen nih ukhti di pasaran. Yaitu physical dan chemical sunscreen. Biasanya physical sunscreen memberikan efek whitecast karena memiliki kandungan logam atau mineral, seperti zinc oxide atau titanium dioxide. Namun, lebih ramah untuk kulimu yang mudah iritasi/sensitif.

Sementara itu chemical sunscreen, teksturnya lebih ringan dan transparan jadi gak bikin whitecast. Hanya saja kamu perlu beberapa kali re-apply sunscreen jenis ini ya, agar mampu memberikan perlindungan maksimal di wajahmu.

Jadi sebelum beli, perhatikan hal-hal di atas dulu ya ukhti. Pastikan, sebelum ia masuk ke keranjang belanjaanmu. (eab/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top