kesehatan

Sulit Memulai Berolahraga? Ini Tipsnya

Muslim aerobic icons. Full color

SURABAYA- Dalam suasana pandemi Covid-19, penting banget menjaga vitalitas tubuh dan daya imun. Selain pola makan sehat dengan kombinasi gizi seimbang, kita-kita juga harus demen berolahraga. Aktivitas fisik seperti bersepeda, joging, atau senam bersama keluarga di rumah akan baik buat tubuh.

Eittss.. .tapi ingat! olahraga sesekali tanpa konsistensi tidak akan membuatmu memperoleh manfaat yang nyata. Selain imunitas yang baik, olahraga yang konsisten anda lakukan akan meningkatkan hormon endorfin, dan menurunkan kortisol yang mempengaruhi suasana hati dan mengikis ‘kabut mental’ kita.

Kalau kamu termasuk dalam genk mager dan kurang bisa istiqamah dalam berolahraga, nih ada tipsnya:

1. Mulailah dengan niat “tulus dan suci”. Ini akan berpengaruh dalam keberlanjutan proses olahragamu. Tentukan apa arti olahraga untuk anda, sebagai media untuk memperoleh kebugaran, mengurangi stres hingga memberikan tampilan yang lebih baik, agar anda lebih percaya diri. Mulailah dengan itu, kenapa tidak?

2. Lakukan Olahraga yang Menyenangkan
Nikmatilah apa yang kamu mulai dengan hal-hal menyenangkan. Mengukur diri dengan kebehasilan orang lain berolahraga tak akan menjadi hal yang menarik dan membuat kita istiqamah olahraga.
Jika kamu senang olahraga dengan bersepeda mulailah dengan itu atau mungkin menari, berlari dapat membuatmu merasa puas dan ingin mengulanginya kembali. Ya, itu karena hormon endorfin yang dikeluarkan oleh tubuhmu membuatmu lebih bahagia dan bersemangat.

3. Mulai dengan Target Sederhana.
Memberikan target yang besar dan rumit setiap hari atau tiap minggunya akan membuatmu lebih merasa tertekan. Maka, tetapkanlah tujuan olahragamu sesederhana mungkin saat memulainya. Entah target fokus dapat melakukan senam atau joging selama 10 menit setiap pagi, Plank selama 5 menit atau Squat. Target sederhana yang kamu capai memberikan rasa percaya diri dan memupuk kekuatanmu tanpa kamu sadari sehingga mampu melakukan target yang lebih besar di minggu-minggu berikutnya.

4. Apresiasi Dirimu Sendiri
Menurut sebuah studi pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Sport, Exercise, dan Performance Psychology, memberikan apresiasi yang baik terhadap diri sendiri akan meningkatkan performa dan semangatmu saat melakukan olahraga.

Berhentilah ketika kamu merasa lelah berolahraga, istirahat dan memanjakan diri akan memiliki pengaruh terhadap konsistensi saat berolahraga. Selain itu, memberikan waktu tubuhmu melakukan perbaikan setelah melakukan rutinitas berolahraga. Apresiasi tubuhmu dengan asupan gizi seimbang, carilah resep makanan tinggi nutrisi namun tetap enak. Buatlah hari-harimu lebih menyenangkan. (*).

Penulis: Lita Agustina (TV9)

loading...
Comments
To Top