jurnal utama

Ketua PDIP: Soekarno Dekat dengan Ulama NU

pdip

SURABAYA-JURNAL9.TV- Relasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan NU sudah terawat lama. Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi menyatakan bahwa hubungan kelompok nasionalis dan agamis tidak bisa dipisahkan. Hal ini dinyatakan Kusnadi saat menghadiri halal bihalal dan silaturahmi yang dikenal PWNU Jawa Timur bersama seluruh partai politik, 1 Agustus 2016 lalu.

“Sinergitas dengan NU sama halnya dengan menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Oleh sebab itu PDIP Jatim akan selalu menjaga sinergitas dengan NU,” jelas politisi banteng moncong putih ini.

Menurutnya, meski PDIP tidak dilahirkan dari NU, ada banyak kesamaan di antara keduanya. Terutama dalam cita-cita mengawal Pancasila sebagai ideologi bangsa. “Kita harus saling beiringan. Sinergitas NU dengan partai politik, terutama dengan PDIP, sangatlah tepat,” jelas Kusnadi.

Kusnadi juga menambahkan, Presiden Soekarno selalu menyatukan nilai nasionalisme dengan nilai agama. Hal ini terbukti dengan kedekatan Si Bung Besar itu dengan para kiai NU di masa perjuangan dan awal kemerdekaan Indonesia. (*)

Reporter TV9, Ali Husnan, melaporkan

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top