Home » Ikan Patin Bambu, Referensi Menu Buka Puasa
WISATA

Ikan Patin Bambu, Referensi Menu Buka Puasa

Sidoarjo, Jurnal9,Tv- Membatalkan puasa dengan yang manis sudah biasa bukan? kalau berbuka dengan makanan segar dan pedas baru berbeda. Di  Wonoayu, Sidoarjo, Jawa Timur, terdapat sebuah resto makanan Bambu Buto  yang menyediakan menu makanan yang unik dan nikmat, yakni Patin Bambu.

Sajian ini sejenis dengan pepesan yang dibakar di dalam bumbu dengan rasa yang pedas dan segar. Hanya ada sedikit perbedaan dalam proses pembuatan dan juga penyajian pada umumnya. dalam proses pembuatannya, patin tersebut dimarinasi dengan bumbu-bumbu khusus kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang. Step terakhir patin akan dikukus dan dibakar di dalam bambu, sehingga cita rasa bumbu dan ikan patin dapat terasa dan menyatu menjadi satu.

Untuk mendapatkan sajian menu andal Patin Bambu ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses Pembuatan mulai dari pemilihan ikan patin segar yang sudah dicuci kemudian penyiapan rempah-rempah pilihan sebagai bumbu utama lalu bumbu tersebut dihaluskan dan ditumis hingga matang. Lalu ikan patin dimasukkan ke dalam bejana yang berisikan bumbu yang ditumis, untuk dimarinasi dan dioleskan hingga tertutup dengan bumbu. Selanjutnya patin dapat dibungkus dan dikukus selama satu setengah jam agar matang.

Setelah dirasa cukup, setengah jam dalam kukus, lantas ikan patin dimasukkan ke dalam bamboo untuk dibakar di atas panggangan api. Proses ini membutuhkan waktu selama 15 meit dan ikan patin siap disajikan.

Untuk pemesanan, terkadang sebelum datang untuk menikmati sajian ikan patin bamboo, pelanggan melakukan pemesanan  ikan patin bambu melalui via telepon. Mengingat Proses Pembuatan patin bambu yang panjang. Demi menjaga cita rasa yang ciamik.

“Berbeda dari yang lain, mungkin ini dimaskan menggunakand aun ikan dan bamu, sehingga ada unsur-unsur jawanya” ujar Anita, pengunjung resto Bambu Buto.

Kalian tidak perlu khawatir soal harga. Kerana tepat dibulan puasa ini ada promo khusus loh. Untuk mendapatkan satu porsi ikan patin pengunjung hanya merogoh kocek sekitar Rp.65.000. harga tersebut sudah include dengan segelas minuman berasa kencur yang dapat dinimati sebgai minuman penutup loh.

“Patin bambu ini meresap kedalam. Jadi bumbunya menggunaan bumbu tradisional tidak ada campuran bahan kimia segala macam”tukas Imang Mahaputra, pengelola kedai Bambu Buto. (rhk/snm)