Home ยป Ziarah ke Makam Proklamator Kemerdekaan, Mahfud MD Teladani Bung Hatta dan Konsep Dwi Tunggal
POLITIK

Ziarah ke Makam Proklamator Kemerdekaan, Mahfud MD Teladani Bung Hatta dan Konsep Dwi Tunggal

Jakarta, jurnal9.tv -Calon Wakil Presiden nomor urut 03, Mahfud MD, berziarah ke makam Wakil Presiden pertama RI, Mohammad Hatta atau dikenal dengan Bung Hatta.

Mahfud yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan itu berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2024).

Saat tiba di makam, Mahfud sudah ditunggu keluarga Bung Hatta. Hadir semua putri Proklamator itu, yakni Meutia Hatta, Gemala Hatta, dan Halida Hatta, serta beberapa cucu Bung Hatta.

“Hari ini, hari pertama kerja di 2024, saya tidak melakukan kegiatan lain tapi berziarah dulu ke makam Bung Hatta,” kata Mahfud yang didampingi putri-putri dan cucu-cucu Bung Hatta.

Mahfud menekankan, setiap anak bangsa di Indonesia memang sangat perlu memberi penghormatan kepada sosok Bung Hatta.

Jangan sampai ada anak bangsa yang melupakan jasa-jasa besar proklamator, baik Bung Karno maupun Bung Hatta.

“Tanpa keduanya, kira-kira Indonesia tidak akan mudah meraih kemerdekaan,” ujar Mahfud.

Selain itu, Mahfud mengaku sangat terkesan dengan pribadi yang sederhana dari Bapak Koperasi Indonesia tersebut.

Bagi Mahfud, kesederhanaan Bung Hatta sangat penting bisa dicontoh dan menjadi teladan setiap anak bangsa di Indonesia.

“Kesederhanaan Bung Hatta itu tidak pernah lekat dari benak anak bangsa,” kata Mahfud.

Lebih jauh, Mahfud MD menegaskan, salah satu peninggalan penting Sang Proklamator, yaitu konsep kepemimpinan Dwi Tunggal antara Bung Karno dan Bung Hatta. Kelak bila Ganjar Mahfud diberi amanah oleh rakyat Indonesia, konsep kepemimpinan Dwi Tunggal ini akan diterapkan oleh keduanya karena cocok bagi kondisi bangsa Indonesia saat ini.

Sebelum ziarah ke makam Bung Hatta, Mahfud juga telah melakukan ziarah ke makam Presiden RI pertama, Soekarno atau Bung Karno di Blitar. Ziarah dilakukan usai deklarasi Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden mendampingi Ganjar Pranowo bulan Oktober lalu. (*)