Home ยป Polrestabes Gelar Rakor Kesiapan Pengamanan Tiap TPS
POLITIK

Polrestabes Gelar Rakor Kesiapan Pengamanan Tiap TPS

Surabaya, Jurnal9.tv – Jelang Masa Pemungutan Suara Pada Pemilu 2024, Polrestabes Surabaya melaksanakan Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan TPS di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Pesat Gatra Bagops lantai 2 Polrestabes Surabaya, Kamis (11/1/24).

Rapat koordinasi kali ini berguna untuk mempersiapkan personil untuk mengamankan TPS yang tersebar di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya. Kegiatan ini juga sebagai langkah penyamaan persepsi dan kesiapan pengamanan pemungutan suara dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 secara matang di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce, SIK, MH melalui Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Wimboko, SIK, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini membutuhkan langkah serius dan fokus dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

Kegiatan Diikuti oleh Pejabat Utama dan Kapolsek Jajaran Polrestabes Surabaya, dengan harapan masing-masing satwil dapat mengetahui Personil Pam TPS yang disesuaikan dengan Pola Pengamanan TPS yang telah ditetapkan.

Konsistensi menjadi tolak ukur keberhasilan pengamanan Pemilu 2024 mendatang. Wakapolrestabes Surabaya menyampaikan apresiasi kepada segenap peserta rakor yang hadir. “Ini sebagai wujud dari upaya kita bersama dalam mengamankan pemilu 2024 yang aman dan damai,” ujar AKBP Wimboko.

Kegiatan dilanjutkan dengan Paparan yang disampaikan oleh AKBP Wibowo, S.I.K., M.H. tentang Kesiapan Pengamanan TPS Polrestabes Surabaya dalam rangka Ops Mantap Brata Semeru 2024.

Dalam paparannya, Kabagops menyampaikan situasi menjelang pemilihan umum 2024 dan potensi kerawanan TPS pada Pemilu 2024 mendatang. Diketahui jumlah TPS di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya sebanyak 6.532 TPS dan Pola Pengamanan yang diterapkan yakni 2 Anggota Polri mengamankan 16 TPS dan dibantu oleh 32 Linmas.

Kabagops telah membagi personil pengamanan TPS Pada Pemilu 2024 mendatang, termasuk perwira pengendali dan Pamatwil dari Pejabat Utama Polrestabes Surabaya. Sebanyak 1.281 Personil pengamanan dilibatkan yang terdiri dari BKO dari Polda Jatim, Polrestabes Surabaya dan Polsek Jajaran.

Sebelum menutup paparannya, Kabagops Polrestabes Surabaya mengingatkan seluruh personil untuk menjunjung tinggi Netralitas Polri pada pengamanan Pemilu 2024 sehingga dapat berjalan aman, damai dan kondusif.

Dilanjutkan dengan paparan oleh Kasat Intelkam terkait dengan kerawanan masing-masing TPS, kemudian paparan dari Kasat Reskrim menyampaikan Gakkumdu terkait dengan metode penanganan apabila ada aduan atau laporan yang berkaitan dengan Pemilu.