Home » Konsisten Netral, Salam Metal Wapres Menghargai HUT PDIP
POLITIK

Konsisten Netral, Salam Metal Wapres Menghargai HUT PDIP

Jakarta, jurnal9.tv -Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin hari ini, Selasa (10/01/2024), menghadiri acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), di Sekolah Partai DPP PDIP, Jl. Lenteng Agung Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Usai mendapatkan potongan tumpeng pertama dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Wapres beserta segenap pejabat DPP PDIP berfoto bersama dengan pose salam metal tiga jari. Pose foto salam metal Wapres ini lantas viral dan menjadi perbincangan publik yang mempertanyakan netralitas Wapres pada Pemilu 2024, karena ini terjadi di masa kampanye.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi memberikan klarifikasi bahwa pose salam metal Wapres semata-mata merupakan bentuk keakraban dan penghargaan terhadap PDIP yang tengah merayakan ulang tahunnya.

“Terkait salam metal (tiga jari) yang ditunjukkan Wapres pada saat menghadiri HUT PDIP, tidak seharusnya dipersepsikan Wapres mendukung pasangan Capres-Cawapres tertentu dalam kontestasi Pilpres saat ini,” tutur Jubir dalam keterangan tertulisnya, Selasa malam (10/01/2024).

Lebih lanjut, Jubir menegaskan bahwa sampai saat ini Wapres konsisten mengambil posisi netral dalam kontestasi Pilpres 2024, seperti sering disampaikan dalam berbagai kesempatan.

“Netralitas itu lah yang menjadi salah satu alasan Wapres hadir dalam acara HUT PDIP, juga HUT Parpol yang lain,” terangnya.

Menurut Jubir, salam metal tiga jari adalah salam khas PDIP yang telah lama dipakai oleh partai berlambang banteng tersebut.

“Salam metal (tiga jari) tersebut murni salam keakraban, menghargai HUT PDIP. Salam tersebut sudah lama dipakai PDIP, metal menunjukkan akronim merah total, sebagai warna bendera partai,” tandasnya. (EP/RJP-BPMI Setwapres)