NU-PESANTREN

RMI NU Akan Sertifikasi Pesantren, Gus Salam: Pesantren NU Aman Dan Terpercaya

gus salam pesantren

Surabaya, Jurnal9.tv- Rabithoh Ma’had Islamiyah RMI PWNU Jawa Timur akan melakukan sertifikasi pondok pesantren. Sertifikasi itu untuk menjadi jaminan kesehatan dan keamanan pondok di bawah naungan NU. hal ini ditegaskah Kh Abdussalam Shohib untuk merespon kasus asusila di boarding schol bandung beberapa waktu lalu.

Kh Abdussalam Shohib PJ Ketua RMI PWNU Jatim menyebut, kasus asusila tersebut bukanlah di pondok pesantren, melainkan boarding school yang didalamnya ada progam tahfid atau mengahafal alquran.

Gus salam menegaskan, RMI akan melakukan antisipasi kasus asusila terjadi di lingkungan ponpes dengan memberikan sertifikat pada pondok pesantren . sertikat ini berisi jaminan kesehatan dan kemanan. kesehatan lingkungan pondok karna masih dalam kondisi pandemi covid 19, hingga jaminan keamanan meliputi kekerasan, persekusi hingga tindakan pelecehan.

Dalam pelaksanaannya, RMI akan menggandeng beberapa stake holder seperi lembaga bantuan hukum (LBH) setempat, komisi perlindungan anak indonesia (KPAI) dan kementeian agama.

Gus salam yang juga pengasuh ponpes denanyar jombang  berharap masyarakat bisa cerdas dan jeli memilih pesantren. Pesantren di bawah nangun NU dijamin aman dan terbaik sebagai tempat pendidikan anak.

Gus salam juga mengingatkan, perlu tindakan tepat, untuk menyelesaikan masalah pelecehan seksual di lingkungan pesantren. Menurutnya, cara yang harus dikedepankan adalah melakukan pendampingan terhadap korban, baik secara hukum, moral, soSial,serta memastikan masa depannya.

Gus salam menekankan, kita tidak perlu saling menyalahkan dan menuduh satu sama lain, karena itu tidak menyelesaikan masalah. Sekarang yang terpenting adalah masa depan korban yang harus mendapat perhatian utama.

Menurutnya, jangan sampai yang kecelakaan terjadi itu, menjadi stigma negatif bagi pesantren pada umumnya. Gus Salam juga menekankan bahwa rumah tahfidz tidaklah sama dengan pondok pesantren yang selama ini identik dengan NU. karena itu, rumah tahfidz tidak punya kaitan dengan RMI ,atau bukan pondok pesantren yang berkarakter Ahlussunnah Waljamaah. (pz/snm)

 

Comments


BERITA POPULER

To Top