peristiwa

Petani Resah, Tanaman Diserang Hama Tikus

ahim-hama tikus

Sumenep, Jurnal9.tv Sejumlah lahan pertanian warga di Kabupaten Sumenep Madura diserang hama tikus. Petani mengaku kewalahan akibat serangan hama tersebut, hingga banyak lahan yang dibiarkan tidak ditanami. Hama tersebut menyerang tanaman padi milik warga. Tidak hanya padi, tanaman di pegunungan seperti jagung, kacang, dan lainnya tidak luput dari serangan hama.

“Nanam kacang hijau, empat hari mau dipanen habis semuanya di makan tikus. Orang sekarang banyak yang putus asa, dana habis, orangnya capek. Ya inilah ngak ditanam apa-apa udah. Sekarang naman timun dan terong karena kalau timun tikus ndak mau. ya nambah uang belanja sehari-hari. sekarang ga bisa usaha apa-apa bagi saya, karena Covid ini, ga bisa kemana mana.” Ujar Mal salah satu petani yang lahannya terdampak serangan hama tikus.

Lahan yang diserang hama tikus terdapat banyak lubang yang menjadi sarang tikus di pinggir sawah petani sehingga saat malam hari tikus keluar merusak padi yang baru ditanam. Akibat serangan hama tikus tersebut, banyak petani yang merugi bahkan sejumlah lahan dibiarkan menganggur karena sudah kehabisan modal.(mh/him)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top