peristiwa

Pastikan Ramadhan 29 atau 30 hari, LFNU Gandeng TV9 Gelar Live Rukyatul Hilal Sore Ini.

WhatsApp Image 2021-05-11 at 14.37.06

Surabaya, jurnal9.tv
Kewajiban kifayah memastikan kapan akhir ramadhan dan awal syawal 1442 H atau lebaran idul fitri akan dilakukan sore ini, 29 Ramadhan oleh Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) di seluruh Indomesia. TV9 Nusantara bersama akan menyiarkan detik-detik rukyatul hilal itu secara Live dari Balai Rukyat NU di Bukit Condrodipo Gresik dan laporan by phone dari para perukyat hilal dari puluhan titik di nusantara. Pusat koordinasi laporan dan perkembangan ada tidaknya hilal dari lomasi rukyat akan dikoordinasi oleh LFNU Jawa Tinur dan dipusatkan di Ruang KH Bisri Syansuri Kantor PWNU Jawa Timur tempat siaran Live TV9 Nusantara dilangsungkan.

Dari hasil hitungan atau Hisab LFNU, diperoleh data bahwa sore ini, tidak mungkin terlihat hilal atau ghairul Imkan, karena hampir di setiap titik di nusantara hilal masih berada di bawah ufuk, tingginya hingga minus 4 derajat. “Walaupun secara husab hilal ghairul imkan atau tidak mungkin terlihat, tapi kita tetap melaksanakan rukyatul hilal untuk memastikan ketiadaan hilal,” kata KH M Shofiyullah, Ketua LFNU PWNU Jawa Timur.

Walau dipusatkan dari Surabaya, Gus Sofi –panggilan akrabnya– akan berkoordinasi dengan LFNU PBNU, command center di Kantor PBNU serta sejumlah titik di luar Jawa Timur untuk dilaporkan secara Live di TV9 Nusantara. “Karena tak mungkin melihat hilal, maka kita gunakan sebagai konsolidasi dan edukasi bagi penyiapan para kader hisab dan rukyat di NU, pesantren dan Perguruan tinggi,” lanjutnya.

Sementara itu produser Live Rukyatul Hilal TV9 Nusantara, Rena Paraswati mengatakan edisi akhir ramadhan 1442 ini akan terdiri dari 2 sesi. Sebelum Lve Rujyatul Hilal mulai jam 16.00 WIB akan digelar sesi pen dahuluan mulai jam 14.00 sd 15.30 yakni sesi Belajar Ilmu Falak yang diikuti sejumlah santri, mahasiswa dan peminat hisab-rukyat dari berbagai daerah. “Yang disiarkannlive di TV9 adalah Rukyatuk Hilal mulai jam 4 sore,” tandasnya

Namun demikian kedua Sesi, Belajar Rukyatul Hilal dan lLive Rukyatul Hilal sore ini akan dilakukan siaran bersama secara streaming oleh sejumlah akun youtube media. Pondok Pesantren. Berikut daftarnya.

1. TV9 NUSANTARA
– WEB: www.tv9.co.id/stream
– Youtube: https://www.youtube.com/c/TV9Official/live
2. YPPPI NURUL HIDAYAH AL-FALAH (Mojokerto)
youtube : https://youtube.com/channel/UCcgReMwE3PNibUDHjl815cQ
3. PP Kauman (Lasem)
https://youtube.com/channel/UCmg3JHUlDtbeT11tptWHLeQ
4. Pondok Pesantren Al-Multazam (Mojokerto)
YouTube : https://youtube.com/c/PonPesAlMultazamMojokerto
5. Asrama Unggulan An-Najah (magetan)
https://www.youtube.com/channel/UCYLm4C-StJgCsBtAA9gSeMg
6. PONPES Ta’limil Qu’an (Pasuruan)
You tube : https://youtube.com/channel/UCEUJKCImnisBksJhAi9BXnw
7. Ponpes Al Muniroh (Gresik)
Youtube : https://www.youtube.com/c/ALMUNIROHTV
8. Pon. Pes. Putri Al MACHFUDZOH (Kedungcangkring, Sidoarjo)
You tube : https://youtube.com/channel/UCWKm-Ktd8mPfgWFcv3fpe0g

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top