peristiwa

Nasdem Millenial Lamongan Fokus Memajukan Produk Lokal

Lamongan, Jurnal9.tv – Ketua Millenial Nasdem Gresik, Amelia Firnanda Anwar, B.A bertemu puluhan pemuda yang dikemas Ngobrol Bareng dengan tema “Strategi Pengembangan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi Covid-19”, bertempat di salah satu rumah makan yang terletak di jalan poros Karanggeneng-Paciran, pada Sabtu (23/7/2022) siang.

Di hadapan puluhan pemuda yang berasal dari Gresik dan Lamongan, gadis lulusan Seattle University Amerika Serikat ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program memajukan ekonomi yang dilakukan oleh Nasdem Millenial, utamanya dalam menggali potensi dan memajukan produk lokal.

“Ini adalah bagian dari misi yang kita perjuangkan bersama. Kita juga menggelar sejumlah latihan dengan menyiapkan mentor-mentor terbaik dan terus memotivasi para millenial agar lebih kreatif dan inovatif.” ujar gadis berusia 22 tahun ini.

Selain memberikan pelatihan, gadis yang akrab dipanggil Amel mengaku pihaknya juga telah banyak membantu dalam mengurus perizinan koperasi yang ada di tiap kecamatan.

“Atas bantuan itu, kini ada banyak koperasi yang sudah keluar perizinannya dari notaris, seperti Gresik Kota, Panceng, dan lainnya. Kita tidak berhenti sampai di sini saja, kita juga akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat lainnya melalui balai pelatihan gratis agar anak muda memiliki produk atau karya yang lebih bisa diterima oleh pasar modern,” terangnya.

Lebih lanjut Amel ini menyebut bahwa tujuan dari digelarnya serangkaian kegiatan ini adalah untuk pemberdayaan masyarakat pasca pandemi Covid-19, khususnya melalui wawasan pemanfaatan platform digital.

“Pemasaran melalui platform digital ini penting. Kemarin gara-gara PSBB, ada 51 persen segmen market baru. Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk pelaku UMKM,” imbuhnya.

Amel menyoroti, hambatan yang kerap dialami oleh para pelaku UMKM selama ini adalah persolan kemasan.

Amel berharap, ke depan akan ada banyak anak muda yang tertarik untuk mengembangkan potensinya melalui pelatihan ini. Sehingga hal ini juga mampu mendongkrak penjualan dari produk yang mereka yang buat.

“Semoga nantinya juga banyak produk UMKM lokal yang mampu metembus pasar internasional. Potensi ekspor luar biasa besar, karena SDA yang ada di Gresik-Lamongan terutama di bidang perikanan itu luar biasa sekali. Banyak potensi yang masih bisa digali,” tandasnya.

Sementara itu, pengusaha muda asal Paciran Lamongan, M. Chotibuddin, yang juga menjadi narasumber dalam kesempatan ini menyampaikan beberapa pengalamannya selama berproses dalam meningkatkan ekonimi, motivasi dan semangat kepada para kawula muda yang hadir. (mb/snm)

Comments


BERITA POPULER

To Top