kesehatan

Ini Obat Alami untuk Redakan Batuk

Surabaya, Jurnal9.tv- Makin santernya pemberitaan perihal obat batuk cair menyebabkan ratusan anak di Indonesia menderita penyakit gagal ginjal akut, membuat para ibu khawatir. Karena di antara obat yang diinfomasikan memiliki ambang batas maksimal penggunaan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) adalah obat yang menjadi andalan.

Nah moms, ada lho cara pertolongan pertama ketika anak batuk. Ada bahan alami yang bisa meredakan batuk pada anak. Bahan-bahan ini juga mudah ditemui di rumah. Berikut pengobatan alami yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk, seperi dilansir dari halodoc dan orami.id.

Tetap terhidrasi dengan cairan

Saat mengalami batuk, moms bisa memberikan air putih hangat, kaldu bening atau teh hangat, untuk menenangkan tenggorokan. Anak perlu meminum banyak cairan untuk mengencerkan dahak agar lebih mudah keluar saat batuk. Melakukan ini juga bertujuan untuk menjaga cairan dalam tubuh anak terpenuhi. Selain itu, moms juga bisa memberi susu untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Berjemur di pagi hari

Berjemur di bawah matahari pagi dapat membantu menghangatkan tubuh dan membantu membasmi berbagai bakteri sehingga tubuh anak menjadi lebih sehat. Menghirup udara di pagi hari juga dianggap baik untuk kesehatan saluran pernapasan.

Konsumsi Buah

  • Nanas

Buah nanas ternyata baik dikonsumsi ketika batuk. Nanas bisa menjadi salah satu obat batuk alami untuk anak karena mengandung enzim bromelain yang dapat membantu meredakan batuk berdahak secara alami.

Kandungan bormelain dari enzim proteolytic dan protease memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat memecah dahak menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru. Makanlah 60 gram potong nanas dalam sehari. Moms juga bisa menjadikannya jus dan meminumnya sebanyak 3 kali sehari sampai gejala perlahan membaik. Namun, perlu diperhatikan, jika diminum bersama dengan antibiotik, enzim bromelain dalam nanas bisa mengurangi keampuhan obat dalam melawan bakteri.

  • Bunga Belimbing Wuluh

Bunga belimbing wuluh diyakini bisa menjadi obat batuk alami dan sariawan. Rendam bunga belimbing wuluh dalam air mendidih, lalu diminum secara berkala. Ini ampuh dalam mengobati batuk dan sebagai obat batuk alami untuk anak.

Menurut hasil penelitianAl-Hussein Bin Talal University, selain untuk meredakan batuk, belimbing juga digunakan untuk mengatasi keracunan makanan, malaria, sakit kepala kronis, dan mengobati bisul pada kulit

Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan, salah satunya meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Moms bisa mencampur dua sendok madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon. Madu dapat menenangkan tenggorokan yang sedang meradang dan jus lemon bisa membantu mengatasi hidung tersumbat.

Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Meskipun probiotik tidak meredakan batuk secara langsung, bahan yang satu ini bekerja menyeimbangkan bakteri baik di dalam usus. Keseimbangan bakteri dalam usus ini lah yang mendukung fungsi sistem imun di seluruh tubuh. Ibu dapat memeroleh probiotik melalui kedelai, yogurt, kefir, kombucha dan tempe.

Bahan Herbal

  • Jahe

Jahe memiliki sifat inflamasi yang dapat meredakan batuk kering atau asma. Bahan yang satu ini juga dapat meredakan mual dan nyeri. Senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Iris jahe tipis-tipis sebanyak 20-40 gram kemudian rebus sampai sari-sarinya keluar. Setelah itu, tuang ke dalam gelas dan diamkan sampai tidak terlalu panas sebelum diberikan kepada Si Kecil. Moms bisa menambahkan sedikit madu atau susu untuk menambahkan cita rasa manis.

  • Daun Saga

Daun saga banyak dipercaya sebagai obat batuk alami untuk anak. Ekspektoran ini dapat membantu mengeluarkan dahak dan melegakan tenggorokan. Caranya, ambil satu genggam daun saga, cuci bersih, lalu rendam dalam air panas. Setelah airnya menghangat, peras daunnya hingga mengeluarkan cairan hijau pekat. Minumlah sehari sekali sampai batuk reda.

  • Kencur

Menurut International Journal of Research in Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, kencur bubuk dicampur dengan madu adalah ekspektoran obat alami yang digunakan untuk mengatasi batuk pada anak. Moms bisa membuat sari kencur dengan memarut kencur lalu mencampurkannya dengan air atau merebus kencur parut dengan air, saring terlebih dahulu, lalu minuman kencur bisa diminumkan ke anak.

  • Kunyit

Kunyit mengandung curcumin, senyawa yang memiliki sifat anti inflamasi, antivirus, dan antibakteri.

Kunyit sebagai obat batuk alami untuk anak untuk meredakan gejala batuk kering.

Moms bisa membuatnya menjadi golden milk alias susu kunyit yang sedang tren.

Bisa juga dibuat menjadi minuman yang dicampur madu, garam, atau lada hitam untuk memperkaya khasiatnya.

Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang memicu batuk. Campurkan ¼ hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih hangat. Namun, ibu harus memperhatikan untuk Si Kecil yang masih di bawah usia 6 tahun. Sebab, anak berusia 6 tahun biasanya belum pandai untuk berkumur. Bila perlu, sebaiknya coba alternatif pengobatan lain untuk Si Kecil yang masih di bawah 6 tahun.

Mencegah Lebih Baik dari Mengobati

Memasuki musim hujan, beberapa penyakit bisa menyertai. Seperti penyakit batuk, flu, demam, malaria, typhus, dan demam. Di musim seperti ini, moms perlu melakukan pencegahan, agar si kecil tidak sakit. Terutama batuk yang cepat menular. Ada beberapa tips yang bisa moms coba untuk mencegah batuk pada Si Kecil, seperti:

  • Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Bila ibu sedang sakit, gunakan masker atau jaga jarak dengan Si Kecil terlebih dahulu.
  •  Tutup hidung dan mulut setiap kali ibu batuk atau bersin.
  • Pastikan Si Kecil tetap terhidrasi
  • Bersihkan area di rumah atau sekolah sesering mungkin, khususnya mainan atau barang-barang Si Kecil.
  • Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah batuk, makan, ke kamar mandi, atau saat orang yang sakit berada dekat dengan si kecil.
  • Bila batuk yang dialami Si Kecil disebabkan oleh alergi, identifikasi penyebab alergi Si Kecil. Jika ibu sudah mengetahui penyebab alergi, sebisa mungkin hindarkan Si Kecil dari paparan alergen tersebut. Beberapa alergen yang kerap memicu alergi contohnya pohon, serbuk sari, tungau debu, bulu binatang, jamur, dan serangga.

Nah moms, itu tadi beberapa bahan alami yang bisa meredakan batuk dan tips mencegahnya. Semoga artikel ini bermanfaat, serta moms dan keluarga terhindar dari penyakit. (snm)



BERITA POPULER

To Top