peristiwa

Haul Akbar Sunan Cendana. Pelajaran Dakwah Santun Sang Waliyullah

4923AB99-F32D-4170-BB7C-9061F2FEBB6D
HAUL - Ribuan jamaah memadati kompleks makam Sunan Cendana saat peringatan haulnya, Senin (31/0/2020).

BANGKALAN, JURNAL9.tv – Bulan Muharram adalan bulan istimewa bagi seluruh umat Islam. Terlebih bagi warga Kwanyar Bangkalan Madura. Senin (31/8/2020) bertepatan dengan tanggal 12 Muharram 1442 H adalah hari peringatan haul Sunan Cendana alias Syaikh Zainal Abidin. Ribuan warga pun berbondong-bondong menghadiri haul sang waliyullah.

Peringatan Haul ini diawali dengan pembacaaan tahlil akbar dan doa bersama untuk mengaharap keberkahan dari Allah SWT melalui tawassul kepada Sunan Cendana yang makamnya terletak di Desa Ketetang Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan.

Peringatan Haul Agung cucu Sunan Ampel ini diawali dengan pembacaan tahlil secara serentak di Desa Ketetang Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan.

Haul yang diperingati setiap tahunnya ini dilakukan sebagai tawasul kepada Syekh Zainal Abidin atau Sunan cendana agar masyarakat di desa Ketetang Kecamatan Kwanyar senantiasa mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selain itu peringatan haul ini sebagai refleksi bagi masyarakat khususnya para dzuriyah (keturunan) agar meneladani teori dakwah yang dilakukan oleh Syekh Zainal Abidin semasa hidupnya.

Salah satu dzuriyah dari Sunan Cendana, KH Hanan Nawawi mengatakan bahwa dakwah sunan cendana ini cenderung sama dengan teori dakwah yang dilakukan oleh Wali Songo sehingga mudah diterima oleh masyarakat Madura kala itu.

“Ini tidak sekadar haul, tapi juga sebagai refleksi bagi keturunan Sunan Cendana agar meneladani cara dakwah beliau tempo dulu,” ucapnya.

Kiai Hanan berharap melalui peringatan Haul Agung dari Syekh Zainal Abidin Sunan Cendana ini semua dakwahnya dapat diteruskan oleh masyarakat dan keturunannya agar bisa berdakwah secara santun dan menjunjung tinggi kelestarian tradisi lokal yang sudah ada.

“Semoga ini dapat menjadi contoh buat para pendakwah tanah air khususnya kepada keluarga Dzurriyah,” harapnya. (ahs/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top