JURNAL MUDA

Hari Guru Nasional, Ini Lagu yang Cocok Temanimu

Surabaya, Jurnal9.tv – 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Di hari ini para siswa biasanya merayakan dengan beragam kegiatan, ada yang memberi hadiah kepada Bapak/Ibu guru, pentas seni untuk guru, atau doa bersama untuk kesehatan dan kesejahteraan guru.

Nah sobat muda tahukah kalian Hari Guru Nasional 25 November berawal dari penghormatan pemerintah di era Presiden ke-2 Indonesia Soeharto kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Penghormatan ini tertuang di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Dari situlah setiap 25 November kita memperingati Hari Guru Nasional.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, mengapa demikian?. Karena guru dengan tulus mengajari kita, dari yang belum bisa baca tulis, hingga bisa membuat sebuah karya. Untuk Jasanya itu, banyak seniman yang menuangkannya dalam bentuk lagu lho. Lagu-lagu ini sangat cocok untuk mengiringi kegiatan kita di momen Hari Guru Nasional. Berikut beberapa lagu yang dirangkum redaksi Jurnal9.tv.  

  • Semua Murid Semua Guru

Lagu Semua Murid Semua Guru adalah gerakan kerja barengan untuk dukung pendidikan melibatkan para musisi yang selama ini telah berkontribrusi untuk pendidikan dengan caranya masing-masing

Musisi berkolaborasi menciptakan lagu yang didonasikan untuk pendidikan.

Pesan utama dalam lagu ini adalah mengajak lebih banyak orang untuk peduli dan terlibat dalam pendidikan.

Ciptaan : Andien Aisyah, Endah ‘N Rhesa, Glen Fredly, Tompi, Tulus, Vidi Aldiano

Aransemen : Endah ‘N Rhesa

Penyanyi : Andien Aisyah, Endah & Rhesa, Glen Fredly, Tompi, Tulus, Vidi Aldiano, Indra Azis

  • Hymne Guru

Lirik lagu “Hymne Guru” ditulis oleh Sartono, mantan guru seni musik di sekolah yayasan swasta di Madiun. Dalam lirik ini kita bisa temukan kalimat “Engkaulah patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa.”

  • Guruku Tersayang

Lirik lagu “Guruku Tersayang” ini diciptakan oleh Melly Goeslow pada 2018. Meski bukan termasuk lagu nasional, namun lirik lagu ini banyak dibawakan pada momen Hari Guru, untuk mengekspresikan perasaan para siswa. Lagu ini begitu fenomenal karena lirik dan nadanya yang easy listening.

  • Maha Guru

Lagu ‘Maha Guru’ ini dipopulerkan oleh Mayada. Lagu ini biasanya populer karena cocok dibawakan saat perpisahan sekolah atau menjelang kenaikan kelas.

  • Guruku

Nasyid ini berjudul Guruku ini dibawakan oleh santri Gontor. Nasyid ini menggambarkan tentang perjuangan seorang guru di Pondok Modern Darussalam Gontor serta para santri yang menghormati gurunya dengan penuh ketulusan dan sikap tawadhu’. Lagu ini di-release pada tahun 2019 lalu.

Song Title : ‘Nasyid Guruku’ (Guardian 693 Darul Qiyam)

Song Writer : Dzikri Hamdi (6d), Awi Ahsanul Ibad (6d)

  • Terima Kasihku (Guruku)

Lagu ini adalah lagu wajib nasional. Lagu ini diciptakan oleh Sri Widodo. Terima Kasihku (Guruku) merupakan lagu yang berisi tentang penyampaian rasa terima kasih dari siswa kepada guru.

  • Man Ana

“Man Ana” merupakan lagu religi yang sangat populer di kalangan anak muda Indonesia. Lagu yang arti judulnya adalah “Siapa Diriku” ini menceritakan tentang ungkapan rasa cinta kepada guru atas jasa yang telah diberikan. Dalam lagu ini ada lirik yang sangat menyentuh, yaitu “Siapakah diriku, siapakah diriku kalau tiada bimbingan kalian (guru)”

Itulah tadi beberapa lagu yang liriknya menggambarkan besarnya jasa guru. Di antara lagu di atas, adakah yang belum kalian tau? Jika benar demikian langsung aja cek di youtube. Dan di antara lagu itu mana yang jadi favoritmu?. Lagu-lagu ini cocok sekali diputar di momentum ini ya sobat muda. (snm)



BERITA POPULER

To Top