Home » Keterbatasan Ekonomi Bukan Alasan untuk Gagal Meraih Cita-Cita
PENDIDIKAN

Keterbatasan Ekonomi Bukan Alasan untuk Gagal Meraih Cita-Cita

Surabaya, Jurnal9.tv – Menimba Ilmu wajib bagi seluruh muslim. Karena dengan menuntut ilmu seseorang akan mulia. Ilmu dalam pandangan Islam dianggap sebagai sebuah kebutuhan untuk mengetahui antara yang benar dan yang salah.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia tentang sistem Pendidikan dijelaskan, dalam pasal 5 ayat (1), Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh Pendidikan yang bermutu. Dalam hal tersebut, sudah selayaknya setiap Warga Negara Indonesia mendapatkan hak-hak nya dengan menempuh setiap jenjang Pendidikan. Dari Pendidikan dasar usia dini sampai dengan Sekolah Menengah atas.

Meski tidak diwajibkan oleh negara, namun menempuh pendidikan tinggi memiliki banyak sekali manfaat, terutama tentang terbukanya wawasan dan kesempatan berkarir yang lebih baik. Sayangnya, tidak sedikit anak mda Indonesia yang tidak sampai ke jenjang perkuliahan.

Dalam acara Darmo free day, Minggu (09/07/2023), Tv9 mengundang Dr. Suparti, M.Pd, Rektor Universitas Terbuka. Beliau menyampaikan bahwa hadirnya Universitas Terbuka guna memudahkan masyarakat untuk melanjutkan jenjang Pendidikan di Perguruan Tinggi.

Universitas Terbuka merupakan Perguruan Tinggi yang fleksibel, mahasiswanya bisa belajar dimana saja dan kapan saja, dengan menggunakan media online. Itu juga sudah termasuk dengan uang pembiayaannya yang terbilang sangat murah, dan dapat memudahkan masyarakat  ekonomi ke bawah untuk mendapatkan hak pendidikannya.

Syaratnya pun mudah, hanya dengan KTP dan Ijazah SMA sederajat yang sudah dilegalisir, masyarakat dapat mendaftarkan diri ke Universitas Terbuka. Dengan biaya pendaftaran hanya sebesar Seratus Ribu Rupiah, calon Mahasiswa sudah bisa menjadi Mahasiswa di Universitas Terbuka.

“Kalo satu SKS Tiga Puluh Enam ribu,” terang Dr. Suparti. Biaya semester seperti PGSD cukup dengan Rp. 1.600.000 per semester, sudah termasuk buku-buku mata Kuliah yang didapatkan.

Jadi sekarang ini tidak ada alasan lagi untuk generasi muda dalam menggapai Pendidikan tinggi. Karena pembelajarannya pun juga bisa dilakukan dengan bekerja dan dapat melakukan aktifitas lainnya. Selebihnya dalam mengerjakan ujian pun juga ada skema ujian tatap muka dan juga Take Home Exam, yaitu mengerjakan ujian tidak langsung dari kampus.

Adanya Universitas Terbuka ini juga menjadi wadah para Mahasiswa karena minimnya penerimaan di Perguruan tinggi negeri lainnya. Namun perlu diketahui mahasiswa, bahwa Universitas Terbuka ini adalah perguruan tinggi negeri.

“Kalau UT kan memang didirikan tahun 84, saat itu Perguruan Tinggi negeri juga terbatas, daya tampungnya terbatas, sedangkan lulusan SLTA kan banyak sekali, dan pastinya ingin melanjutkan kuliah di kampus Negeri, jadilah didirikan Universitas Terbuka ini agar bisa menjagkau seluruh lapisan Masyarakat”.

Nah, bagi kamu yang masih ingin tau lebih banyak tentang Universitas Terbuka, Kamu bisa cek situs Universitas Terbuka di www.ut.ac.id atau Surabaya.ut.ac.id.  (aaf/snm)