Home ยป Kaji Model Pengembangan Ekonomi Pesantren Al Fitrah Surabaya: Saiful Irfan Raih Gelar Doktor dari UNESA
PENDIDIKAN

Kaji Model Pengembangan Ekonomi Pesantren Al Fitrah Surabaya: Saiful Irfan Raih Gelar Doktor dari UNESA

Surabaya, jurnal9.tv -Mengkaji tentang pengembangan ekonomi model perencaan setrategis kewirausahaan di Pesantren Al Fitrah Surabaya. Saiful Irfan, Dosen Politeknik Pelayaran Surabaya ini meraih gelar doktor dari Universitas Negri Surabaya (UNESA). Gelar tersebut didapatkanya setelah menyelesaikan ujian terbuka desertasi di Fakultas Ilmu Pendidikan FIP Unesa pada selasa (2/7).

Saiful Irfan menjelaskan penelitinya menghasilkan pengembangan rencana strategis (renstra) kewirausahaan di pesantren tersebut, langkah ini bertujuan untuk memberikan arah yang lebih jelas bagi unit-unit usaha dan UMKM yang berada di bawah naungan pesantren.

“Pengembangan renstra kewirausahaan di Ponpes Al-Fithrah ini memberikan pengembangan bisnis di pondok pesantren yang semula hanya memprioritaskan dalam bisnis keuangan melangkah satu langkah di depan dengan pengembangan unit usaha dibawah naungan pondok pesantren dan UMKM binaan” kata Saiful Irfan.

Renstra kewirausahaan ini tidak hanya memberikan panduan jangka panjang hingga lima tahun ke depan, tetapi juga menetapkan tujuan yang jelas serta tahapan yang harus dilalui oleh setiap unit usaha dan UMKM binaan.

“Perencanaan strategis adalah upaya yang digunakan untuk membuat keputusan dan melaksanakan tindakan penting untuk menghadapi tantangan yang ada”.tambahnya.

Dengan adanya renstra ini, para pelaku usaha di unit-unit usaha serta UMKM binaan mendapatkan kesempatan untuk melakukan analisis SWOT, yang membantu mereka memahami medan kompetisi dan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal dalam pengelolaan usaha mereka.

“Renstra kewirausahaan juga menjadi bahan evaluasi bagi pengurus pondok tentang langkah-langkah yang telah dilakukan dalam menjalankan usaha pondok,” ungkap Saiful Irfan.

“Ini memberikan masukan berharga dalam mewujudkan visi dan misi pesantren serta menyiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung kegiatan usaha para pelaku usaha.”

Lebih lanjut, renstra ini juga mengajarkan para pelaku usaha di unit-unit usaha serta UMKM binaan untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi dengan mencari solusi yang tepat. Dengan demikian, pengembangan ekonomi di Pesantren Al Fitrah tidak hanya membangkitkan semangat berwirausaha, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Saiful Irfan berharap dengan implementasi renstra kewirausahaan ini, Pesantren Al Fitrah dapat terus menjadi pelopor dalam pengembangan ekonomi berkelanjutan di Surabaya.

Sementara itu Prof Dr Mochamad Nursalim Dekan Fakultas FIP yang juga ketua penguji desertasi, mengapresiasi desertasi yang mengakat tentang pengembangan ekonomi, pesantren yang dikenal sebagai tempat rujukan keilmuan agama. Juga mampu memberikan dampak ekonomi dan warga sekitar.

“Renstra ekonomi pesantren merupakan hal yang baru, temuan ini diharapakan dapat memberikan kontribusi nyata pada ekonomi pesantren. Hal ini juga dapat mensuport progam one pesantren one produk ( Opop) yang dikembangkan oleh Pemprov Jatim” Tutupnya.

Tags