Home » PW IPNU Jatim Gelar Lomba Essay Santri Tingkat Nasional
IHWAL JAM'IYAH NU-PESANTREN

PW IPNU Jatim Gelar Lomba Essay Santri Tingkat Nasional

Surabaya, Jurnal9.tv – Dalam rangka Peringatan Hari Santri Nasional 2022, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur akan menggelar lomba Essay Santri tingkat nasional.

M. Fakhrul Irfansyah, Ketua PW IPNU Jatim menjelaskan, peranan dan gagasan penting Kalangan Santri melalui Literasi perlu senantiasa dirawat sebagai Solusi alternatif dari berbagai isu aktual di masyarakat.

“Kami melihat potensi besar para santri di Nusantara ini yang perlu diapresiasi dan diwadahi dengan serius. Kita sepakat literasi ini abadi, tidak cukup gagasan cemerlang santri ini hanya berhenti di meja diskusi. Literasi harus menjadi perantara ide-ide segar antara santri dengan masyakarat,” paparnya.

“Melalui lomba Essay Santri tingkat nasional ini kemudian kita akan menjaring para penulis terbaik untuk dibukukan bersama beberapa masyaikh dan tokoh-tokoh lainnya. Hal ini tentu menjadi angin segar terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat terlebih sorotan terhadap pesantren belakangan ini,” tambah Gus Irfan sapaan akrabnya.

Sementara itu, berdasarkan Penjelasan Panitia Pelaksana, kegiatan ini terbuka untuk umum tingkat Nasional melalui beberapa tahapan seleksi.

“Kegiatan ini dibuka untuk umum dari berbagai wilayah di Indonesia, panitia akan memilih 22 naskah Terbaik untuk selanjutnya mengikuti Lailatul Qolam untuk di-diklat  memertajam kemampuan literasi para nominator yang didampingi langsung oleh beberapa penulis ternama” ungkap Zaynollah.

“Program Bertajuk Santri Dalam Tulisan (SANDALAN) merupakan apresiasi terhadap para santri penulis, sehingga diharapakan bisa menggerakkan kembali literasi di lingkungan Pesantren. Selain itu, Hadiah bernilai Total Jutaan Rupiah ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para finalis. Kami juga akan membentuk Forum Santri Penulis Nahdliyyin sebagai bentuk komitmen dan pendampingan jangka panjang kedepannya dari para Finalis yang ada. Ungkap Pria asal Madura ini.

Event ini gratis. Setiap calon peserta dapat mengakses informasi ini lengkap melalui sosial media @pwiipnujatim atau kontak person 0819-9897-0846 untuk mengunduh ToR Kegiatan yang sudah dibuka sejak  07 September sampai 22 Oktober. Sedangkan  Penyerahan Hadiah dilakukan pada tanggal  29 Oktober bertepatan dengan Puncak HSN 2022 PWNU Jawa Timur di Surabaya. (pzr/snm)