features

Sudah Saatnya Perempuan Berani Speak Up, Ning Uswah Syauqy: Perempuan Bisa Jadi Pemimpin Jika Miliki Pemikiran Kritis

Surabaya – Jurnal9.Tv – Bicara tentang perempuan, selama ini perempuan selalu dianggap tidak berpikir kritis serta dianggap rendah. Namun menurut Ning Uswah Syauqi, redaktur komunitas perempuan membaca dalam Podcast Rumah Cerita di Tv9 mengungkapkan, perempuan harus dilatih sejak dini untuk menulis, berpikir kritis, dan speak up didepan banyak orang.


Perempuan harus berpikir kritis dan logis, bahkan jika perempuan memiliki kepribadian introvert yang notabenenya tidak memiliki keberanian untuk berbicara didepan umum, atau mungkin perempuan yang telah menikah, tetap harus memiliki pikiran demikian, agar tidak salah ambil langkah ketika suami dan istri mengalami perbedaan pendapat. Meskipun laki-laki dianggap pemegang kekuasaan yang utama, perempuan juga bisa menjadi pemimpin ketika dia memiliki pola pikir yang luas dan kritis.


Cara untuk melawan rasa introvert menurut Ning Uswah Syauqi :

  1. Perluas Wawasan dengan Membaca Buku

Membaca buku yang sesuai genre. Setiap orang memiliki selera/genre masing-masing dalam membaca buku, dengan membaca buku sedikit demi sedikit kita dapat melatih diri dalam berpikir kritis. Selain itu, membaca buku dapat menaikkan mood. Cara lain agar kita tidak bosan saat membaca buku bisa dengan ngopi santai, melihat pemandangan atau menikmati senja.

2. Bergabung dalam komunitas yang mendukung hobi
Bergabung dalam sebuah komunitas membuat kita semakin banyak bertemu orang, sehingga cara pandang kita terhadap sesuatu akan lebih terbuka. Selain itu, bergabung dengan komunitas dapat membantu kita melawan introvert dan dapat menambah relasi.

3. Menulis blogger
Jika kamu ingin meluapkan segala curahan hati tetapi tidak ingin orang lain mengetahuinya, kita dapat membuat blogger pribadi, tidak hanya memuat segala curahan hati, blogger juga sebagai wadah untuk berkarya.

4. Melatih diri untuk speak up
Melatih diri bisa dimulai dengan sosial media, sosial media tempat dimana kita dapat berekspresi dan berinteraksi dengan banyak orang. Jika merasa cukup mampu kita bisa mulai speak up didepan umum.

Begitu pentingnya kemampuan berbicara di depan umum bagi perempuan, terlebih bagi perempuan yang telah menikah tetap harus memiliki pikiran demikian, agar tidak salah ambil langkah ketika suami dan istri mengalami perbedaan pendapat.
Ning syauqy juga berpesan kepada perempuan untuk jangan takut speak up, tetap mempertahankan kebenaran dan bersosialisasi dalam hidup. perempuan dan laki-laki kodrat serta cara berpikirnya itu sama.(frs/snm)



BERITA POPULER

To Top