peristiwa

Alissa Wahid: Keluarga Kian Dibutuhkan di Masa Pandemi

IMG-20200711-WA0015

IMG-20200711-WA0015

Surabaya,-

Pandemi covid19 memaksa sistem keluarga bekerja lebih keras untuk mengatasi berbagai problem yang timbul akibat tingginya tingkat kebersamaan anggota keluarga tinggal bersama di rumah. Akibat sekolah libur, kerja lebih banyak dilakukan di rumah dan aktivitas di luar juga kian dibatasi, maka ayah, ibu, anak dan anggota keluarga lain menjadi lebih sering bersama dan kalau tidak dikelola dengan baik akan timbulkan masalah baru sebagaimana kejenuhan, konflik dan aktivitas media sosial masing-masing yang bisa malah membuat masalah baru. Di sinilah saat tepat diterapkan konsep keluarga maslahah.

Hal itu disampaikan Hj Alissa Qatrunnada Abdurrahman Wahid atau Alissa Wahid saat tampil sebagai narasumber dalam Live Talkshow Kiswah Interaktif TV9 Nusantara pada jumat (10/7) sore. Program ini ruton digelar setiap minggunya hasil kerjasama TV9 Nusantara dengan Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKKNU) PBNU dimana Alissa Wahid duduk sebagai sekretaris.

Menjalankan konsep keluarga maslahat, lanjut Alissa, berarti menerapkan 5 pilar keluarga maslahat sebagai pendekatan membangun harmoni dalam rumah saat semua keluarga lebih sering berkumpul. Kelima pilar itu adalah mitsaqan ghlidza (komitmen hidup bersama), zawaj (hidup berpasangan), mu’asyarah (bergaul saling hornati) musyawarah (adanya dialog) dan “an taradhin (saling merelakan). “Kelima pilar itu bisa jadi prinsip sekaligus alat ukur keberhasilan kita saat ingin menjadikan keluarga sebagai garda terdepan solusi atas problem akibat pandemi seperti saat ini, ” ujarnya.

Seperti diketahui LKKNU PBNU adalah lembaga departemensi PBNU yang fokus menangani keluarga di kalangan warga NU. Ketua lembaga ini adalah Ida Fauziyah yang kini menjabat Menteri Tenaga Kerja RI. Selain sosialisasi konsep keluarga maslahah yang sudah rampung disusun, lembaga ini juga telah menjalin ketjasama dengan berbagai instansi. “Selain program.kerjasama dengan TV9 nusantara ink, kami juga sedang persiapan menggelar Madrasah Keluarga Maslahah, semacam klas pendampingan bagi keluarga-keluarga NU,” katanya menutup.

tv9/AH.

loading...
Comments
To Top