peristiwa

Usai Berwudu Menjelang Subuh, KH Robbach Ma’sum Wafat 

CDA144B9-BA09-416B-99C1-94A919D36D2E

Dua Periode Menjabat Bupati dan Ketua DPRD Gresik 

GRESIK,JURNAL9.tv-Kullu nafsin dzaaiqatul maut. Setiap yang bernyawa akan dipanggil kembali kepada-Nya. Kabar duka kembali menyelimuti warga NU. Bupati Gresik dua periode KH Robbach Ma’sum meninggal dunia, Selasa Subuh (22/9/2020).

Tokoh NU Gresik ini meninggal dunia di kediamannya, Jalan Kalimantan, Perumahan Gresik Kota Baru (GKB). Gus Chalif Ahnaf, kemenakan almarhum, menuturkan bahwa KH Robbach Ma’sum meninggal setelah berwudu menjelang Subuh. Saat itu, dokter yang rutin memeriksa kesehatan beliau sedang datang.

“Saat diperiksa ternyata sudah meninggal,” ungkap putra KH Machfud Ma’sum ini kepada awak redaksi Jurnal9.tv.

Jenazah KH Robbach Ma’sum dibawa ke Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Dukun Gresik, dan rencananya dimakamkan bakda Asar , Selasa(22/9/2020).

KH Robbach Ma’shum, tercatat sebagai Mustasyar PCNU Gresik, lahir pada 25 Maret 1947. Sebelum menjadi Bupati Gresik untuk periode 2000 – 2005 dan 2005-2010, jabatan terakhirnya adalah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Gresik (1999 – 2000).

KH Robbach Ma’shum dikenal sebagai putra asli Gresik. Lahir sebagai anak ketiga dari tujuh bersaudara dari pasangan KH Ma’sum Sufyan dan Hj Masrifah. Lingkungan keluarga yang agamis telah membentuk karakternya sebagai anak bangsa yang berpendidikan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan keislaman.

Pendidikannya diselesaikan dengan baik sejak SR, Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum, Madrasah Tsanawiyah Ihyaul Ulum, hingga mendapatkan gelar sarjana pada tahun 1975 dari Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel Surabaya.

KH Robbach Ma’shum sering menjadi rujukan bagi tokoh partai maupun pejabat di pemerintah daerah dalam berkonsultasi. Selamat jalan, Kiai Robach Ma’sum (agp/ren/snm/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top