peristiwa

Mitigasi Risiko Tsunami, Warga Jember Diberi Pelampung

Anifatul Khoiriah_tsunami

Surabaya, Jurnal9.tv- Informasi mengenai potensi tsunami di pesisir laut selatan memang sering kita baca maupun dengar dari berbagai media berita. Oleh karena itu,  pemerintah desa di Jember selangkah lebih depan membagikan ribuan pelampung kepada warganya yang kemungkinan akan terdampak tsunami di pesisir laut selatan. Selain mitigasi risiko tsunami di pesisir laut selatan nantinya akan ada sosialisasi dari BMKG terkait bencana alam.

“Jadi  kita harus mengikuti protokol kesehatan. Kita memiliki anjuran dari satgas covid-19 bahwa berkerumun dan sebagainya tidak diperbolehkan,  sehingga kita batasi betul untuk mengundang warga masyarakat yang terdampak. Nantinya ada kajian BMKG masalah gempa bumi dan sebagainya. Saat ini sekitar 3500 pelampung dibagikan kepada masyarakat nelayan”  ujar Mohamad Sholeh ( Kades Lojejer ).

Selain membagikan pelampung kepada masyarakat pesisir pantai selatan, pemerintah desa bersama muspika, babinsa, kamtibmas, dan destana juga  memberikan  sosialisasi kepada warga tentang mitigasi gempa dan tsunami.  Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Imbauan pemerintah pusat ini dilaksanakan oleh pemerintah desa Lojejer kecamatan Wuluhan  kepada warganya karena mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Hal ini dilakukan untuk  mitigasi risiko kecelakaan laut mengingat besarnya ombak di laut selatan pulau jawa. (af/anif)

 

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top