peristiwa

Bonus Belum Cair, Penggali Makam Jenazah Covid-19 Mengeluh

Anifatul Khoiriah_Penggali Makam

Surabaya, Jurnal9.tv- Bonus adalah hal yang dinanti-nantikan setiap pekerja. Dari bonus tersebut setiap pekerja sudah dapat membayangkan akan dialokasikan kemana hasil keringatnya tersebut. Lalu bagaimana jika bonus itu tak kunjung cair juga? Hal seperti itu terjadi pada petugas penggali makam covid-19 di  pemakaman umum Praloyo Desa Gebang Kecamatan Sidoarjo.Walaupun bonus belum cair selama 7 bulan, lima penggali makam tersebut tetap melakukan pekerjaannya. Mereka tetap menggali lubangan makam untuk jenazah pasien covid-19 sesuai arahan dari Dinas Perumahan dan Pemukiman Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

“Kalau gaji tiap bulannya sih dapat mas. Honor bonus penggalian jenazah covid -19 ini yang belum cair. Ada 300 makam. Perlubangan 5 orang lima juta rupiah dan dikalikan 300 makam. Gaji pokok tetap ada pada pemakaman umum..” Ujar Sukoyo (Penggali Makam Covid-19)

Bonus yang dijanjikan Pemerintah Sidoarjo kepada penggali makam sebanyak 5 juta rupiah per makam nantinya akan dibagi sebanyak 5 orang sesuai SK Pemerintah Sidoarjo. Langkah Bupati saat ini adalah berupaya mencairkan bonus tersebut. Walaupun Pemerintah belum dapat memastikan kapan bonus tersebut cair, akan tetapi pihak terkait segera mengusahakannya.

“Bahwa seluruh penggali makam gajinya lancar. Tidak ada satupun gaji yang tertunda. Urusan bonus memang iya. Kalau bilang gaji itu bohong semua. Bonusnya masih kita upayakan. Ini nanti kita pakai BTT. Saya kemarin sudah datang kesana bertemu dengan penggali kubur saya jelaskan posisimu seperti ini. Gajinya normal seperti biasa. Bonus 5 juta per makam itu tidak terkontrol dan tidak terdokumentasi dengan baik. Walaupun datanya memang ada. Ini yang kita luruskan . Sudah kita selesaikan bersama. “ Ujar Ahmad Muhdlor (Bupati Sidoarjo).

Pemerintah merevisi aturan bonus tersebut dan sudah disepakati baik Pemerintah maupun pihak penggali kubur. Bupati memfasilitasi agar semua pihak tidak ada yang keberatan. Karena memang para penggali dapat menggali 12 lubang sehari. Bonus tersebut memang sangat pantas para penggali kubur dapatkan. (rk/anif)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top