peristiwa

BI Luncurkan Uang Pecahan Rp 75 ribu di Hari Kemerdekaan

IMG-20200818-WA0034

SURABAYA,JURNAL9.tv-Peringatan HUT ke-75 RI, Bank Indonesia resmi meluncurkan uang baru pecahan Rp 75 ribu.

Peluncuran uang pecahan baru dilakukan serentak se-Indonesia, melalui video confrence yang juga di ikuti oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Forkompimda di gedung Negara Grahadi, Senin(17/8).

Uang pecahan Rp 75 ribu tersebut, di desain istimewa karena memiliki detail-detail khusus.

Kepala BI Perwakilan Jawa Timur, Divi Achmad Johansyah, melalui video confrence menyampaikan, bahwa selama ini, BI belum pernah mengeluarkan pecahan uang baru dengan awal angka tujuh.

“Selama ini hanya mengeluarkan pecahan uang awalan 1(satu), 2(dua) dan 5(lima),” kata Divi.

Dua sisi uang kertas pecahan Rp 75 ribu tersebut, memuat aneka gambar dan foto tokoh serta pembangunan Indonesia selama 75 tahun merdeka.

Sisi pertama memuat sang Proklamator Bung Karno-Hatta, prosesi pengibaran bendera merah putih, sarana Mass Rapid Transportation (MRT) hingga ruas jalan tol yang diibaratkan sebagai makna menyukuri kemerdekaan.

Sedangkan di sisi lainnya, memuat gambar anak-anak Indonesia, peta Indonesia, emas dan satelit yang bermakna untuk menyongsong masa depan gemilang.

“Begitu juga dengan gambar motif budaya seperti songket Sumatera Barat, Batik Kawung Jawa dan Tenun Gringsing Bali yang dimuat dalam pecahan uang kertas Rp 75 ribu tersebut, memiliki simbol memperteguh kebhinekaan bangsa,” tambah Divi.

Untuk mendapatkan uang pecahan baru itu, masyarakat cukup menukarnya dengan mendownload aplikasi “Pintar” dan melakukan pendaftaran dengan memasukkan nomer induk kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Lantaran masih terbatas setiap orang hanya bisa satu lembar uang baru. (asp/ren)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top