NU-PESANTREN

Peringatan Haul Kiai Hasan Saifurrijal, Sang Pencetus Nama PP Zainul Hasan Genggong

WhatsApp Image 2020-07-22 at 09.08.50

PROBOLINGGO- Rabu (22/7) bertepatan 1 Dzulhijjah 1441 keluarga besar pengasuh, santri dan alumni PP Zainul Hasan Genggong Probolinggo memperingati haul KH Hasan Saifurrijal. Beliau menjadi pengasuh pesantren Genggong melanjutkan sang ayah, KH Muhammad Hasan Sepuh, yang wafat pada 1 Juni 1955. Kiai Hasan Saifurrijal menjadi pengasuh hingga wafat pada 1985 dan kepengasuhannya dilanjutkan oleh KH M Hasan Mutawakkil Alallah hingga kini.

“Hari Rabu, mulai jam 8 pagi haulnya, hadratal walid, KH Hasan Saifurrijal Genggong, Majelis haul diisi ceramah agama oleh KH. Anwar Iskandar Kediri, Wakil Rois Syuriyah PWNU Jawa Timur.” jelas KH Mutawakkkl Alallah lewat pesan whatsapp yang diterima redaksi jurnal9.tv sehari sebelum acara.

Almaghfurllah Kiai Hasan Saifurrijal adalah pencetus nama Zainul Hasan pada pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1839 oleh KH Zainal Abidin tersebut. Kata Genggong’ diambil dari nama sekuntum bunga yang tumbuh di sekitar pesantren. Bunga yang pergunakan masyarakat untuk rias manten dan khitan. Perubahan nama menjadi Zainul Hasan digagas di masa kepengasuhan KH. Hasan Saifourridzall dengan maksud mengabadikan kedua nama pendiri di dua periode kepengasuhan pesantren sebelumnya, yakni Syaikh Zainul Abidin sampai dan kepemimpinan KH. Mohammad Hasan Genggong dari tahun 1839 sampai dengan 1952 (113 tahun).

Pada 1952 di periode kepemimpinan KH. Hasan Saifourridzall Pesantren Genggong sempat diganti dengan nama Asrama Pelajar Islam Genggong ”APIG” seiring semakin tinggi minat masyarakat belajar di Pesantren ini. Nama ini digunakan selama 7 tahun, sejak 1952 hingga 1959.

Pada 1 Muharrom 1379 H bertepatan 19 juli 1959, KH Hasan Saifurrijal menetapkan nama menjadi Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong mengabadikan barakah, ilmu, jasa dan kepemimpinan Syaikh Zainul Abidin dan Kiai Muhammad Hasan atau Kiai Hasan Sepuh Gennggong.

Nah, siapa yang ingin mengikuti Majelis Haul KH Hasan Saifurrijal Genggong, TV9 Nusantara menyiarkan secara langsung melalui channel youtube TV9 OFFICIAL di link:

Selamat menyimak (*)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top