kesehatan

Leher Belakang Menghitam, Kenali Tanda Awal Prediabet

20200727_214510

 

SURABAYA- Semua manusia ingin punya tubuh yang tak hanya indah, tapi juga sehat. Ya kan? Nah kita punya informasi penting nih buat akhi-ukhti semua, tentang hiperpigmentasi dan indikasi hubungannya dengan penyakit gula darah.

Hiperpigmentasi atau munculnya spot-spot yang menggelap di kulit memang menganggu penampilan kita ya . Biasanya, area gelap muncul di lipatan kulit seperti siku, ketiak dan leher bagian belakang. Selain karena paparan sinar matahari dan kebiasaan abai membersihkan sisa kulit mati ternyata hiperpigmentasi dapat menjadi tanda gula darah di atas ambang normal.

Kondisi kulit yang menebal dan gelap di bagian leher memberikan sinyal bahwa seseorang memasuki fase prediabet sehingga dikenal dengan istilah acanthosis nigricans.
Prof. dr. Jose RL Batubara dalam jurnal kesehatan Universitas Indonesia menyimpulkan acanthosis nigricans bukan hanya kelainan kulit. Itu dikarenakan terdapat penyakit yang mendasarinya yakni resistensi insulin penyebab awal dari diabetes tipe 2. Umumnya terjadi 7 persen hingga 74 persen pada orang-orang dengan obesitas. Lipatan leher yang menggelap ini dapat menjadi metode mudah, efektif dan murah untuk mengetahui gejala awal prediabet. Tentu hal ini perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan ya akhi wa ukhti.

Seseorang dengan kondisi prediabet telah menunjukkan kadar gula yang melebihi normal sehingga bisa berlanjut menjadi diabetes yang berbahaya. Jika kondisi ini kamu atau kerabatmu alami, mulailah untuk menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Insulin yang bekerja dengan optimal memberikan pengaruh pada hiperpigmentasi atau acanthosis nigricans yang kamu alami sehingga dapat memudar.

(eab/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top