features

Karya Kaligrafi Indah Berbahan Batu Kali

KAMALUDDIN_160716_KALIGRAFI DARI BATU KALI_3.wmv_000004678

Berbagai karya kaligrafi indah ini, berbahan batu kali yang tidak bernilai harganya. Karya tersebut hasil kreasi dari seorang seniman Samiaji asal Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Jombang.

Bahan batu kali yang biasanya digunakan bahan bangunan ini diperoleh dari  sungai yang tak jauh dari lokasi. Cara membuatnya  yang pertama dengan mencari batu di sungai dipilih yang bisa dibuat kaligrafi. Batu yang telah didapat, lalu dicuci berseih dan dibelah, selanjutnya dibuat pola. Kemudian digerinda dan dipahat untuk membentuk sesuai dengan pola yang diinginkan.

Berikutnya batu tersebut dilukis menggunakan semprot atau kuas sesuai dengan lafal bahasa arab atau potongan ayat Al-Quran.

Ide membuat seni unik ini bermula banyaknya batu di daerah tersebut yang murah harganya, kemudian berfikir untuk meningkatkan nilai harga jual batu tersebut.  Samiaji  yang merupakan seniman pelukis mencoba membuat kaligrafi di atas batu, ternyata hasilnya bagus, hingga ada yang minat dan banyak yang berpesan. Satu kaligrafi dijual dengan harga Rp. 50.000 hingga Rp. 500.000 persatuannya.

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top