Home » Elektabilitas Menjulang Prabowo-Gibran Miliki Kans Menang Satu Putaran
POLITIK

Elektabilitas Menjulang Prabowo-Gibran Miliki Kans Menang Satu Putaran

Jakarta, jurnal9.tv -Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki kans menang dalam satu putaran di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu tidak terlepas dari elektabilitas Prabowo-Gibran yang menjulang meninggalkan para pesaingnya.

Peneliti Lembaga Survei Jakarta (LSJ), Fetra Ardianto mengatakan kans tersebut melihat tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran yang terekam dalam hasil survei. Selanjutnya tinggal melihat kemampuan Prabowo-Gibran dalam mempertahankan keunggulannya hingga hari pencoblosan tiba.

“Seperti ditunjukkan dalam survei LSJ memang kemungkinan adalah satu putaran,” kata Fetra dalam keterangannya, Kamis (04/01). Dalam survei LSJ periode 22-27 Desember 2023 menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran menjadi yang tertinggi dengan perolehan sebesar 50,3 persen. Posisi kedua terdapat pasangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 23,2 persen dan disusul duet koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 23,1 persen.

Dia menyebut, tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran terdapat berbagai faktor. Dalam temuan LSJ, alasan terbesar masyarakat memilih Paslon nomor 2 karena sosok prabowo yang dikenal tegas dan berani. Alasan kedua karena Prabowo memiliki kinerja yang bagus sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). Itu dibuktikan dengan tangguhnya militer Indonesia sehingga mendapat peringkat 13 dunia berdasar data Global Firepower (GFP).

Sementara alasan ketiga karena faktor Gibran sebagai wakil Prabowo yang berhasil membuat publik terkesan. Utamanya karena penampilan Gibran saat debat Cawapres beberapa waktu lalu dinilai bagus oleh masyarakat. “Gibran khususnya waktu debat cawapres kemarin dianggap ini sosok yang muda yang pintar,” pungkas Fetra.(*)