PEMERINTAHAN

Lestarikan Literasi Kitab Klasik, PCNU-Pemkot Probolinggo Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

93C23963-85A1-46C6-BDD5-9E991A0DDFEF

PROBOLINGGO, JURNAL9.tv – Kitab kuning sebagai salah satu literatur klasik keilmuan Islam, perlu mendapat perhatian serius. Tidak hanya kalangan pondok pesantren, pemerintah juga ikut andil dalam melestarikan khazanah keilmuan karya para ulama tersebut.

Salah satunya seperti yang dilakukan Pemkot Probolinggo. Dalam rangka semarak Hari Santri Nasional (HSN) 2020 Pemkot Probolinggo menggelar lomba baca kitab secara virtual.

Lomba ini diikuti 15 peserta utusan dari sejumlah pondok pesantren di Kota Probolinggo. Mereka masuk pada tahap seleksi. Dari belasan peserta itu, tersisa enam peserta terpilih dan melaju fase grand final yang digelar secara tatap muka langsung.

Puncak penjurian lomba baca kitab kuning ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat pada Minggu (18/10/2020) di Puri Manggala Bhakti Gedung Pemkot Probolinggo.

Sya’dullah Zain, selaku kordinator lomba sekaligus dewan juri dari PCNU Kota Probolinggo, mengatakan gelaran lomba baca kitab merupakan rangkaian Hari Santri Nasional yang ke-6 sejak pertama kali digelar pada tahun 2015 lalu. Kegiatan HSN hasil kerja sama PCNU bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo.

Ada 12 ragam lomba dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 450 orang. Diikuti oleh santri utusan pondok pesantren, pelajar madrasah, siswa sekolah umum dan masyarakat.

“Meski sedang dalam masa pandemi virus Corona, kami terus berupaya menggali potensi lokal kaitannya dengan keislaman di Kota Probolinggo,” jelas Sya’dullah, usai mengumumkan pemenang lomba.

Dikonfirmasi di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo, Moch. Maskur, menyatakan pihaknya membidik anak usia sekolah dan santri pondok pesantren. Sebab, pertumbuhan kognitif dan psikomotoriknya perlu dikembangkan dengan ilmu keagamaan.

“Dasar pengetahuan dan pengalaman keagamaan yang didapat di waktu kecil, dapat menjadi bekal pegangan hidup ketika dewasa nanti,” pungkasnya. (adv-ltf/ren)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top