kesehatan

Ini 4 “Jalan Ninja“ untuk Menurunkan Berat Badan

80526D0A-5FA9-424A-BEC6-C22B71CA5EB2

SURABAYA, JURNAL9.tv – Diet, usaha mendapatkan berat badan ideal, nge-gym adalah salah satu gaya hidup sehat yang sedang jadi tren. Nilai kesehatan dan segala usaha untuk mendapatkannya semakin mendapat tempat di mata manusia modern.

Maka tidak mengherankan, ribuan merk dagang produk penurun berat badan beredar di masyarakat. Mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Mulai dari yang legal hingga ilegal dan belum mendapat sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tak hanya itu, ratusan metode diet menurunkan berat badan juga turut beredar di dunia maya. Itu artinya masyarakat kita memiliki minat yang cukup tinggi terhadap tubuh yang ramping dan penurunan berat badan hingga mencapai kata ‘ideal’ menurut presepsi masing-masing individu.

Di artikel kali ini tim jurnal9.tv tidak akan membahas bagaimana cara menurunkan berat badan ya akhi wa ukhti. Serta tak juga membahas metode tercepat untuk menurunkan berat badan, hehe. Mengapa? Karena kenaikan maupun penurunan berat badan sendiri merupakan hasil adaptasi tubuh terhadap kebiasaan hidup kita yang konsisten. Konsisten banyak makan tapi mager, konsisten minum sirup tiap hari sambil nge-junk food atau konsisten ngemil sambil begadang. Maka jika kamu ingin turun berat badan cobalah konsisten dengan kebiasaan defisit kalori.

Kalori sendiri adalah satuan energi yang ukhti atau akhi dapatkan dari makanan/minuman yang kamu konsumsi untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik saat beraktivitas. Sedangkan defisit kalori artinya keadaan di mana jumlah energi yang masuk ke tubuh kamu lebih kecil dari jumlah energi yang kamu keluarkan untuk beraktifitas, hingga pada akhirnya tubuh menggunakan atau membakar cadangan energi berupa lemak di dalam tubuh kamu sebagai respon agar fungsi organ berjalan sebagai mana mestinya. Lemak berkurang dan terjadilah proses penurunan berat badan.

Bagaimanapun metode diet yang kamu terapkan baik diet militer, OCD, DEBM, keto atau diet mediterania selama kalori yang masuk lebih besar dari pada energi yang kamu keluarkan maka akan sia-sia saja. Nah, sekarang tinggal cara kamu memperoleh penurunan berat badan dengan sehat dan tubuh yang kencang. Maka simak cara sederhana berikut ini sebagai jalan ninjamu untuk menurunkan berat badan.

1. Mengisi 1/2 Porsi Makan dengan Serat Adalah Jalan Ninjaku

Tepat menentukan porsi dan komposisi makananmu akan berdampak secara signifikan terhadap kesehatan dan penurunan berat badanmu. Dilansir dari situs promkes.kemenkes.go.id, sebaiknya akhi wa ukhti mulai dengan mengisi ½ porsi makan dengan serat dari sayur dan buah-buahan, ¼ porsi dengan sumber protein dan  lewat lauk-pauk, dan ¼ porsi sumber karbohidrat berupa nasi, jagung ataupun kentang. Ini akan mempengaruhi jumlah kalori yang kamu asup, mengapa? Karena pada dasarnya sumber serat memiliki kalori yang rendah meski dengan volume yang cukup banyak sekalipun. Akhi dan ukhti tetap kenyang tanpa harus menghilangkan sumber zat gizi makro lain seperti karbohidrat dan protein yang jelas-jelas tubuhmu butuhkan. Selain itu enzim dan serat dalam sayur serta buah dapat membantu percepatan proses metabolisme dalam tubuhmu. Serta mengikis lemak viseral yang membandel.

2. Memberikan Hak Tubuh untuk Setia Bergerak Adalah Jalan Ninjaku
Bergerak, bergerak, bergerak. Cobalah berkomitmen untuk terus aktif bergerak mulai hari ini. Bebas. Jika kamu suka berlari lakukan, jika suka bersepedah lakukanlah. Mulai olahraga kamu lewat kebiasaan kecil yang kamu sukai. Perlahan naikkan intensitas olahragamu dari waktu ke waktu. Kebiasaan ini akan melatih daya tahan tubuhmu, melatih otot yang berfungsi sebagai mesin pembakar energi, melatih sirkulasi darah dan pernafasanmu dengan lebih baik. Tentu, aktivitas ytersebut membutuhkan jumlah kalori yang lebih banyak untuk dibakar dibanding jika akhi atau ukhti hanya duduk atau mager seharian. Dan tentu saja tubuh yang aktif bergerak posturnya akan terlihat baik, lebih tegap & lebih kencang dari pada jika kamu hanya fokus menurunkan berat badan saja.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Adalah Jalan Ninjaku
Memenuhi cairan tubuh berdampak baik pada laju metabolisme dalam tubuhmu. Eitss, tapi memenuhi cairan tubuh tidak dengan minum-minuman manis ya akhi wa ukhti. Nanti beban tubuhmu bukan malah berkurang malah semakin menjadi-jadi. Cukupi dengan air putih saja, dingin ataupun hangat. Bebas. Karena pada dasarnya air putih memiliki 0 kalori sehingga tidak memiliki pengaruh pada jumlah kalori harianmu. Selain itu, mencukupi cairan tubuh membuat tubuhmu tidak gampang merasa lapar.

4. Cukup Istirahat dan Mengelola Stres Adalah Jalan Ninjaku
Cukup istirahat dan mengelola stres dengan baik menjadi jalan ninja selanjutnya dalam membantu proses penurunan maupun menjaga berat badan ideal.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ohio, stres dan kurang istirahat dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Saat  stres, kita cenderung makan makanan manis dan tinggi lemak, karena makanan ini dapat menstimulasi otak mengeluarkan zat kimia yang mengurangi stres. Makanan tersebut dapat menyebabkan “ketagihan”. Selain itu, hormon kortisol juga menyebabkan penumpukan lemak, terutama lemak viseral (lemak perut) dan dapat menimbulkan masalah metabolik lainnya.

Akhi wa ukhti, butuh waktu dan proses tubuh mu dalam menimbun lemak di dalam tubuh. Maka juga butuh proses untuk menurunkan lemak tersebut secara perlahan. Melakukan defisit kalori secara ekstrem akan menyebabkan masalah baru bagi tubuhmu dan membuatmu berujung pada kata ‘menyerah’ jika kamu memaksakannya tanpa memperhatikan faktor kesehatan tubuhmu. Tetap kurangi asupan kalori sewajarnya. Tubuh tetap membutuhkan energi untuk menjalankan fungsi organ dengan baik. Semoga bermanfaat. (eab/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top