Home ยป 113 Siswa SD Khadijah Surabaya Diwisuda, Pesan Tetap Jaga Almamater dan Karakter Islami
PENDIDIKAN

113 Siswa SD Khadijah Surabaya Diwisuda, Pesan Tetap Jaga Almamater dan Karakter Islami

Surabaya, jurnal9.tv -Sebanyak 113 siswa-siswi SD Khadijah Surabaya mengikuti Graduation Ceremony Kelas 6 yang bertempat di Ballroom Eighty 9, Ciputra World Mall, pada Sabtu (15/6/2024). Acara ini menandai kelulusan mereka dari sekolah dasar dan menjadi awal perjalanan mereka menuju jenjang pendidikan selanjutnya.

Kepala SD Khadijah Surabaya, Hadi Purnomo, menyampaikan bahwa Graduation Ceremony ini diadakan dengan tujuan utama untuk mengingatkan para siswa tentang ikrar mereka sebagai alumni SD Khadijah.

“Alhamdulillah, hari ini kita telah melaksanakan graduation ceremony untuk anak-anak kelas 6 tahun ajaran (TA) 2023/2024,” kata Hadi kepada awak media usai acara.

Lebih lanjut, Hadi menjelaskan bahwa acara ini juga menjadi wadah bagi para siswa untuk menunjukkan berbagai keterampilan dan kemampuan mereka. Beragam penampilan menghiasi Graduation Ceremony ini, mulai dari pagelaran seni, paduan suara, pencak silat, pidato, hingga apresiasi bagi siswa berprestasi.

“Melalui rangkaian acara seperti ini, kami berharap para alumni SD Khadijah Surabaya dapat selalu memegang teguh ikrar mereka,” ujar Hadi.

“Setelah lulus, mereka diharapkan tetap berperilaku islami sesuai dengan nilai-nilai yang telah ditanamkan di sekolah. Ini termasuk menjaga ibadah salat, mengaji, dan akhlak mulia terhadap guru, orang tua, dan orang lain.”

Hadi menuturkan bahwa tantangan ke depan bagi para siswa akan semakin besar saat mereka memasuki jenjang SMP. Lingkungan sekolah yang lebih luas dan beragam akan menghadirkan rintangan yang berbeda.

“Oleh karena itu, momen ini menjadi penekanan bahwa lulusan SD Khadijah harus selalu menjaga nama baik almamater mereka,” terangnya.

Ia menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai yang ditanamkan di sekolah, seperti pembiasaan Salat Duha. “Di sekolah kita, insyaallah yang paling luar biasa adalah pembiasaan Salat Duha. Apapun kegiatannya, apapun kesibukannya, kita sempatkan agenda untuk Salat Duha,” jelasnya.

“Ini bukan hanya untuk kebaikan diri sendiri, tapi juga untuk rejeki orang tua dan sekolah. Ini adalah nuansa yang berbeda yang kita istiqomahkan,” sambungnya.

Hadi dengan bangga menyatakan bahwa semua siswa SD Khadijah memiliki potensi yang luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan prestasi mereka dalam mengaji, tahfiz, dan sertifikasi Cambridge yang semuanya telah mereka lewati dengan baik.

“Dari 113 siswa-siswi, semuanya telah menyelesaikan kurikulum di sekolah dengan baik, baik itu kurikulum Cambridge, nasional, maupun keagamaan yang ditentukan oleh Yayasan Khadijah Surabaya,” pungkasnya.

Graduation Ceremony SD Khadijah Surabaya ini menjadi momen penuh makna bagi para siswa, orang tua, dan seluruh civitas sekolah. Ucapan selamat dan doa terbaik mengiringi langkah para siswa dalam menggapai cita-cita mereka di masa depan.