Muktamar NU

Menyambut Muktamar ke-34 NU dan Haul ke-12 Gus Dur, NDG Art Gallery Hadirkan 31 Lukisan Bertema ‘Jimat NU’

Jimat NU

Surabaya, Jurnal9.tv- Perhelatan akbar Muktamar NU membawa ingatan kita kembali pada para pendiri NU. Tentang keikhlasan perjuangan untuk agama bangsa dan negara. Akankah Muktamar ke 34 nanti melahirkan pemimpin yang tulus berjuang melalui NU seperti yang diharapkan para pendiri NU terdahulu?.

Harapan itu muncul dalam benak Iqbal Billy Wahid Sholahudin cicit Hadrotus Syekh Kh Hasyim Asy’ari saat memandang lukisan sosok Pendiri NU dan Tokoh NU di NDG Art Gallery. Pameran ini bertujuan untuk menyambut Muktamar ke-34 NU dan Haul ke-12 Gus Dur.

NDG Art Gallery adalah pameran lukisan Tunggal yang digelar oleh Nabila Dewi Gayatri di gedung utama balai pemuda Surabaya mulai 13 hingga 17 desember 2021. Nabila memamerkan 31 karya lukis wajah sosok Pendiri dan Tokoh NU. 29 lukisan tersebut terbuat dari akrilik, sementara 2 lainnya menggunakan pensil.

Dari 31 lukisan yang dipamerkannya, ada satu yang paling berkesan yaitu lukisan berjudul ‘Jimat NU’. Lukisan tersebut menggambarkan tiga tokoh NU yakni Hadrotus Syekh Kh Hasyim Asy’ari, Kh Abdul Wahid Hasyim dan Kh Abdurrohman Wahid atau Gus Dur.

Sebagai cicit dari Hadrotus Syekh Kh Hasyim Asy’ari, Gus Billy mengapresiasi dan berterima kasih kepada Nabila Dewi Gayatri karena menghadirkan sosok dzurriyahnya dalam pameran tunggal. Pameran ini sangat tepat untuk merefleksikan ingatan warga nahdliyyin akan keikhlasan perjuangan tokoh NU dalam berjuang untuk agama bangsa dan negara.

Oleh karenanya, cicit Hadrotus Syekh Kh Hasyim Asy’ari ini berharap agar Muktamar Ke-34 NU mendatang melahirkan tokoh nu yang tulus berjuang untuk agama, bangsa, dan negara, seperti yang diharapkan oleh para pendiri serta tokoh NU dahulu.

“Semoga muktamar berjalan damai dan melahirkan pemimpin pemimpin yang bisa membawa amanah dari pendiri NU Hadrotus syekh KH Hasyim Asy’ari dan bisa mengayomi masyarakat nahdliyin dan warga Indonesia, dan membawa Indonesia menjadi Rohmatan lil alamin untuk keselamatan bangsa semuanya” Ujar Gus Billy, Cicit Hadrotus Syekh Kh Hasyim Asy’ari.

Sebagai seorang pelukis, Nabila Dewi Gayatri memiliki keinginan agar lukisannya dapat merefleksikan pemikiran Gus Dur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena pemikiran gusdur  masih relevan dalam kondisi apapun.

“Saya ingin masyarakat mengingat kembali bagaimana perjuangan gus dur ketika beliau berkhidmat kepada Agama, Bangsa, dan Negara. Gus Dur adalah sosok yang baik, melalui lukisan ini saya ingin mengajak masyaakat ikut berbuat baik seperti yang dilakukan Gus Dur dan para Tokoh NU Lainnya. Meskipun tidak bisa meneladani keseluruhannya” Tegas Nabila Dewi Gayatri, Pelukis.

Pameran lukisan ini juga mendapat apresiasi dari berbagai tokoh termasuk ketua Pcnu Kota Surabaya Achmad Muhibbin Zuhri. Cak Ibin menyebut bahwa pameran tersebut mengajak masyarakat Indonesia untuk mengeksplor pesan-pesan dari Gus Dur yang menginspirasi masyarakat dunia.

“Gusdur tidak hanya bapak bagi orang-orang NU, Tetapi juga inspirasi dunia untuk kemanusiaan dan perdamaian” Pungkas KH Achmad Muhibbin Zuhri, Ketua PCNU Kota Surabaya. (ah/snm)

Comments


BERITA POPULER

To Top