NU-PESANTREN

Pasuruan akan Segera Miliki Rumah Sakit NU

E7F97CCD-C614-4349-944F-586CFC02BF00

PASURUAN, JURNAL9.tv – Satu lagi rumah sakit milik Nahdlatul Ulama akan berdiri. Kali ini di wilayah Kejayan Kabupaten Pasuruan. Menempati areal seluas 1.6 hektar tak jauh dari pusat ekonomi Warungdowo, jalur strategis Pasuruan Malang, Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) ini diharapkan mampu memenuhi layanan kesehatan warga NU khususnya di Kabupaten dan Kota Pasuruan. Pembangunan gedung RSNU ini ditandai dengan soft launching pembangunanan dan Istighotsah Jumat Legi pada Jumat siang (6/10/2020). Acara dihadiri Bupati Irsyad Yusuf, Wakil Bupati KH Mujib Imron dan Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten Pasuruan. Event ini juga diikutii secara daring oleh pengurus MWC dan ranting NU setempat di 24 kantor kecamatan yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

“Saya memohon doa restu, insyaAllah mulai Januari 2021 dan merupakan satu dari mandat Konferensi Cabang NU 2016,” kata KH Imron Mutamakkin, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan.

Pelaksanaan konstruksi akan dimulai pada Januari 2021, dan diperkirakan menelan biaya Rp 150 mIliar untuk Rumah Sakit tipe C. Bupati Pasuruan, H Irsyad Yusuf menyatakan mendukung penuh pembangunan rumah sakit ini. Gus Irsyad, panggilan akrabnya, menyatakan pihaknya sudah menfasilitasi pendiriian RSNU ini sejak mulai pengurusan status tanah lokasi Rumah Sakit, studi kelayakan, aspek perijinan, manajemen hingga pembangunan fisik. “Keberadaan RS milik NU akan sangat membantu tugas pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di kalangan warga NU dan pondok pesantren, termasuk di tengah pandemi covid19,” tambah Gus Irsyad.

Bupati menambahkan, dari hasil studi kelayakan. dan Detail Engineering Design (DED) yang dilakukan oleh Tim Fakultas Kedokteran UB menyebutkan RSNU ini layak operasional dan memiliki prospek yang bagus. “Semoga dalam waktu 1 tahun ke depan RSNU ini bisa dioperasikan dengan tipe D dulu. Melayani kesehatan masyarakat Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya,” harapnya. (hkm/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top