Lifestyle

Mau Bisnis Ikan Koi? ini Saatnya. Penjualannya Melonjak di Masa Pandemi. Omzet Capai Ratusan Juta

C8CBCF2A-8B86-4C9A-86F9-94B203AFE1F7

LUMAJANG, JURNAL9.tv – Ikan koi adalah ikan hias yang dipercaya bisa membawa hoki. Dalam bahasa Jepang Nishikigoi atau Koi berarti permata kehidupan. Di masa pandemi bisnis ikan ornamental ini banyak menuai untung. Angka penjualannya terus melejit dari waktu ke waktu.

Maka tak heran banyak orang terjun dalam budidaya dan bisnis ikan ini. Di Lumajang Jawa Timur misalnya, para pebisnis ikan koi yang sempat mandek di awal pandemi Covid-19, kini mulai sudah bangkit. Bisnis ikan hias air tawar ini sudah pulih.

Rony Angga Saputra salah satu pembudidaya ikan koi mengaku, bisa meraup keuntungan meningkat, dari Rp 100 Juta menjadi Rp 200 Juta hasil dari penjualan ikan koi hias di tengah pandemi ini.

“Untuk omzet penjualan selama masa pandemi ini kita mengalami peningkatan, yakni sekitar 185 hingga 200 juta per bulan. sebelum pandemi hanya 100 juta per bulan,”ungkapnya.

Ikan koi adalah jenis ikan mas yang mempunyai ornamen yang sangat indah. Banyaknya masyarakat yang melakukan aktivitas di dalam rumah, membuat penjualan ikan hias meningkat. Hal tersebut rupanya membawa keuntungan bagi penjual ikan koi yang berada di Jalan Kali Mas Kelurahan Rogotrunan, Lumajang Jawa Timur.

Bagusnya kualitas ikan koi yang di jual Roni, membuat ikan koi menjadi buruan penggemar. Selain itu harganya juga tergolong murah yakni mulai harga Rp 70 ribu, tergantung besar dan keindahan ikan koi. Tak pelak ikan koi Lumajang pun tembus hingga pasar Internasional.

“Untuk perawatan sebetulnya mudah sekali. Asalkan manajemen airnya benar, mulai jamper kolamnya, terus manajemen kolamnya betul, kita tinggal memberi makan saja. Makannya harus teratur, minimal 3 kali sehari,” jelasnya. (ard/ren/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top