Home ยป Si Podang dan Pilwali Pasuruan Bermartabat, jadi Maskot dan Jingle Resmi KPU Kota Pasuruan
POLITIK

Si Podang dan Pilwali Pasuruan Bermartabat, jadi Maskot dan Jingle Resmi KPU Kota Pasuruan

Pasuruan, jurnal9.tv -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan mengumumkan para pemenang Lomba Maskot dan Jingle Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan 2024.

Pengumuman tersebut disampaikan Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari beserta anggota komisioner lainnya, di Kantor KPU Kota Pasuruan, Senin (20/5/2024) siang.

Untuk lomba maskot, pemenangnya adalah Si Podang yang merupakan karya Karima Kurnia Sasi, S.Ds. ACA. dari Mojokerto. Sedangkan pemenang lomba jingle adalah Afdzan Devacum Putra dari Kota Surabaya dengan judul “Pilwali Pasuruan Bermartabat”.

Untuk penentuan pemenang, Royce menegaskan bahwa pihaknya menggandeng tim juri independent. Hanya saja, KPU lebih pada mengawasi kebutuhan yang diperlukan di dalam penilaian, agar karya pemenang betul-betul sesuai dengan kriteria.

“Kalau jurinya sudah ada sendiri, tapi kami lebih pada mengawasi kebutuhan apa saja yang diperlukan selama penilaian. Supaya karya pemenang sesuai dengan kriteria,” katanya.

Royce mencontohkan, untuk pemilihan maskot harus disertai dengan filosofi, maksud dan tujuan, serta tidak mencerminkan afiliasi terhadap seseorang, lembaga, peserta pemilu, maupun partai politik tertentu. Dan yang tak kalah penting adalah desain utama maskot harus memuat identitas khas dari wilayah setempat.

“Namanya juga maskot, jadi kalau bisa nantinya bisa dicetak sebagai boneka, badut, maupun gantungan kunci, makanya harus detail supaya bisa maksimal hasilnya,” ucapnya.

Selain itu, Royce menegaskan bahwa dewan juri juga telah melakukan proses investigasi untuk mengetahui keaslian setiap karya.

“Kalau penilaian tidak cepat nanti bisa menumpuk di akhir, belum lagi harus mengunduh karya yang dikirimkan dan otomatis waktunya bisa semakin lama,” katanya.

Dia menyatakan ada mekanisme baru yang diterapkan pada lomba tahun ini, panitia tidak memberikan pembatasan pada asal peserta.

“Saat ini pesertanya diikuti oleh peserta dari Jawa Timur,” ucapnya.

Sebelum mengerucut pada 3 juara di masing-masing lomba, KPU kota Pasuruan telah menerima 17 karya lomba maskot dan 15 karya lomba jingle.

Setelah juara diumumkan, dua karya terbaik tidak langsung diperkenalkan ke publik. Namun akan disampaikan pada saat peluncuran Pilwali Kota Pasuruan 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juni mendatang.