peristiwa

Permintaan Donor Plasma Konvalesen Capai 480 Kantong, PMI Kota Surabaya Kewalahan

new Anifatul Khoiriah doc donor plasma

Surabaya, Jurnal9.tv- Melonjaknya kasus covid-19 di kota Surabaya mengakibatkan melonjaknya pula permintaan darah plasma konvalesen di UTD PMI Surabaya. Hingga Selas(29/06) UTD PMI masih kualahan memenuhi permintaan dari warga Surabaya dan beberapa wilayah lain di jawa timur. Sudah  mencapai 480  pasien yang mengantri untuk mendapatkan darah plasma konvalesen. Rata-rata permintaan darah plasma konvalensen mencapai 50 orang per-harinya dimana jumlah tersebut tidak sebanding dengan jumlah pendonor yang hanya 10-15 orang setiap harinya.

“Kebutuhan plasma sampai saat ini sangat meningkat tajam bahkan mecapai 400%  dibandingkan tahun 2020. Tiap hari makin meningkat antriannya. Padahal saat stok cukup PMI Surabaya pernah mengirim palembang, NTB, Papua, Sampit, Bandung, semarang semua sudah pernah kita droping. Tapi untuk sekarang permintaan disini saja kita belum bisa memenuhi. Kita utamakan untuk warga surabaya dulu” Ujar Budi Arifah (Kepala UTD PMI Kota Surabaya)

Sementara Dahlan Iskan tokoh jawa timur yang juga penyitas covid-19  saat ini mempunyai program donor plasma konvalesen  dan mengajak para mantan penderita covid-19 untuk berkontribusi mendonorkan darahnya.

“Karena covid-19 melonjak saat ini saya adalah penerima curhat warga yang membutuhkan konvalsen. Ada yang tidak dapat dan akhirnya meninggal dunia, tentu kita yang pernah terkena covid dimohon untuk mengikuti screening dan apabila memenuhi syarat bisa jadi pendonor” Ujar Dahlan Iskan tokoh jawa timur yang juga penyitas covid-19

Untuk meningkatkan kapasitas darah plasma konvalesen PMI kota Surabaya gencar mengajak sejumlah komunitas maupun organisasi dan sejumlah instansi untuk ikut memberikan sumbangan darah plasma kepada warga yang kini tengah membutuhkan. (ah/anif)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top