features

Kuliner Khas Pasuruan, Klepon Masih Diburu Wisatawan Domestik

Pasuruan, Jurnal9.tv – Kue klepon, jajanan atau kue tradisional indonesia, yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah. Jajanan ini  masih menjadi primadona wisatawan domestik untuk dijadikan oleh-oleh, saat berkunjung ke Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

Setiap hari, deretan lapak penjual klepon yang berada di Jalan Raya Gempol , Kabupaten Pasuruan, tepatnya di sebelah timur bundaran pintu tol Gempol-Beji Pasuruan, tidak pernah sepi dan selalu ramai didatangi pembeli, yang rata-rata merupakan wisatawan domestik.

Untuk dapat menyajikan kue klepon tetap dalam kondisi hangat, para penjual kue klepon membuat adonan baru setiap dua jam sekali. Dan untuk adonan kue klepon, penjual tetap menggunakan resep yang lama yakni, tepung beras ketan, gula merah, pewarna hijau alami dari daun pandan, serta parutan kelapa untuk ditaburkan di atas kue klepon.

Salah satu pembeli dari Kabupaten Jombang, Atik, mengaku setiap bepergian atau melewati jalan raya gempol, dirinya selalu membeli kue klepon di Gempol Kabupaten Pasuruan untuk oleh-oleh keluarga di Jombang. Karena kue klepon di gempol pasuruan, rasanya lebih kenyal dan gurih dibandingkan di daerah lain.

“Enak, manisnya juga pas. Ada di Jombang tapi rasanya beda,” jelas Atik.

Sementara itu, salah satu penjual kue klepon, Wiwik Andayani, mengatakan bahwa dalam satu hari, penjual klepon mampu menghabiskan hingga tujuh kilogram adonan klepon, untuk dijual kepada para wisatawan yang datang.

“Satu hari bisa seribu biji. Enam sampai tujuh kilo. Sudah terbiasa karena pekerjaan,” ungkap Wiwik.

Dengan harga jual Rp 5000 per kotak yang berisi sembilan biji kue klepon, penjual kue klepon mampu mendapatkan omzet hingga jutaan rupiah setiap hari. (rfz/snm)



BERITA POPULER

To Top