peristiwa

Darurat Rumah Sakit di Tengah Lonjakan Pasien Covid-19

Karin Nafisa_Darurat Rumah Sakit Di Tengah Pandemi Covid-19

Madiun, Jurnal9.tv, Rumah Sakit Umum Dungus, Madiun, Jawa Timur tidak bisa menerima pasien Covid-19 dikarenakan kehabisan ruang isolasi. Sebanyak 3 ruang isolasi khusus pasien Covid-19 telah terisi penuh, mengakibatkan RSU Dungus memanfaatkan tenda darurat untuk merawat 11 pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Kami menyediakan sebanyak 137 tempat tidur saat ini, hari ini sudah terisi sekitar 130 tempat tidur. Jika hari ini sudah ada yang boleh dipulangkan, maka akan kita isi dengan pasien baru, itupun akan kami pilah-pilah terlebih dahulu. Seperti itu prosesnya. Kami merawat pasien dengan gejala ringan menuju ke gejala sedang karena memang keterbatasan penanganan yang ada disini” ujar Muhidin, Kasi UKM Litbang RSU Dungus.

Menurut Kasi Upaya Kesehatan Masyarakat Penelitian dan Pengembangan atau UKM Litbang mengatakan, saat ini sebanyak 10 ruang isolasi bertekanan negatif dan 2 ruang isolasi non bertekanan negatif telah terisi penuh oleh pasien.

Bahkan dalam kondisi lonjakan Covid-19 saat ini, 3 tempat tidur di Corner Covid telah terisi dan tidak akan bisa menambah ruang baru lagi. Terlebih lagi saat ini ada 16 tenaga kesehatannya yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Saat ini ketersediaan peti jenazah juga semakin menipis karena semakin banyak pasien yang terkonfirmasi meninggal dunia akibat Covid-19. Untuk mengantisipasinya, pihak RSU Dungus membuat peti jenazah sendiri bahkan membeli dari pengrajin peti jenazah. (bj/rin)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top