peristiwa

Bawaslu Jember Buka Pendaftaran Panwascam

Jember, Jurnal9.tv – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember mulai membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dalam rangka pemilu 2024 mendatang . Pendaftaran calon panwascam pemilu ini digelar serenta mulai 21 hingga 27 september 2022 di kantor bawaslu.

Sejumlah masyarakat silih berganti mendatangi kantor Bawaslu di jalan Dewi Sartika Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates Jember untuk mengisi form pendaftaran sebagai calon panitia pengawas pemilu kecamatan atau panwascam pemilu 2024 mendatang .

Sejumlah syarat harus dipenuhi oleh para pendaftar, di antaranya:

• Warga Negara Indonesia ber KTP Jember
• Sudah berumur minimal 25 tahun
• Minimal pendidikan tingkat SMA
• Sanggup dan bersedia bekerja penuh waktu
• Tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 tahun pada saat mendaftar
• Tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD dan DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun
• Memenuhi Syarat lainnya seperti surat keterangan sehat dan bebas narkoba.

Komisioner Bawaslu Jember, Devi Aulia menuturkan, antusiasme masyarakat pendaftar sejak hari pertama cukup banyak.

“Ada sejumlah 38 orang. 30 di antaranya datang langsung ke kantor bawaslu, dan 3 lainnya mengirim berkas melalui email,” ujar Devi.

Sementara itu salah satu pendaftar, Kukuh Cahyadi mengungkapkan, dirinya mau mendaftar lantaran ingin menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, agar berjalan jujur dan transparan. (afw/snm)



BERITA POPULER

To Top