peristiwa

Atasi Problem HP, Risma Libatkan Televisi Gelar Siaran Pembelajaraan

IMG_20200807_110841

SURABAYA, Jurnal9.tv- Fakta masih banyaknya pelajar dari keluarga tak mampu yang tak memiliki Smartphone atau handphone (HP) dalam pembelajaran via daring di Kota Surabaya, coba diatasi oleh Walikota Tri Rismaharini dengan menggelar pembelajaran melalui televisi. Pemkot Surabaya pun menggandeng dua stasiun televisi, masing-masing TV9 Nusantara untuk pembelajaran bagi pelajar SMP dan SBO TV untuk pelajar SD. Pembelajaran melalui televisi ini diharapkan bisa atasi dua problem sekaligus yakni keterbatasan sekolah tatap muka dan problem tidak semua pelajar memiliki HP untuk ikuti sekolah daring sebagaimana ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Asisten Administrasi Umum, Ir. Hidayat Syah, MT menyatakan dalam masa pandemi, Walikota Kota Surabaya berkomitmen menjalankan aktivitas pembelajaran SD dan SMP dengan mengutamakan hak dasar semua warga kota. Diterapkannya pendidikan secara daring, menyisakan problem bagi masyarakat yang tak memiliki HP dan kesulitan membeli paket data internet. “Ibu Walikota memerintahkan kami menawarkan kerjasama dengan stasiun televisi di Surabaya, dan alhamdulillah TV9 bersedia membantu pemerintah kota, siarkan pembelajaran untuk pelajar SMP, dan SBO untuk pelajar SD,” kata Hidayat.

Siaran pembelajaran untuk SMP akan dikemas dalam paket siaran program Rumah Ilmu yang akan tayang lima hari seminggu, tiga jam per harinya, mulai 07.00 sampai 10.00 WIB. Siaran perdana akan dimulai Senin, 10 Agustus 2020 dan berlangsung selama 14 minggu hingga berakhir pada 13 November 2020. Total Episode program yang digelar empat bulan tersebut sebanyak 67 episode, termasuk libur siaran di hari libur. Sementara Untuk pelajar SD, siaran melalui SBO TV sudah dilaksanakan sejak senin, 3 Agustus 2020 lalu.

Untuk keperluan kerjasama itu, lanjut Hidayat, telah disiapkan perjanjian kerjasama antara Walikota Surabaya dengan pimpinan stasiun televisi. Dinas Pendidikan Kota Surabaya ditunjuk sebagai pelaksana teknis program yang bertugas menyiapkan materi tayangan berupa 10 mata pelajaran yang diajarkan di tingkat SMP. “Harapan kami, program ini bisa diikuti dengan baik oleh hampir saratus ribu pelajar SD dan SMP, baik negeri dan swasta di Surabaya,” imbuhnya.

Dalam catatan Jurnal9.tv, Program Rumah Ilmu Ini adalah program Kerjasama kedua TV9 Nusantara dengan Dispendik Kota Surabaya di masa pandemi Covid19. Sebelumnya, TV9 Nusantara pada bulan suci ramadhan 1441, di. Mei 2020 lalu juga sukses menggelar Pesantren Ramadhan Ceria dan Bintang Pelajar, Juara dari Rumah yang juga melibatkan pelajar SD dan SMP se kota Surabaya.(hkm).

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top