Muktamar NU

Gagasan Kiai Said Aqil Siroj : Tiap Cabang NU Punya Perguruan Tinggi dan Rumah Sakit

Jurnal9.tv- Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama resmi digelar di Lampung sejak 22 – 23 Desember 2021. Muktamar merupakan satu agenda tertinggi NU yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Selain sebagai wadah silaturahmi antar pengurus, Muktamar juga dihelat sebagai momentum untuk menentukan pimpinan organisasi baik tanfidziyah maupun syuriyah.

KH Said Aqil Siroj adalah salah satu nama kandidat yang siap maju dalam pemilihan ketua umum tahun ini. Secara garis besar, KH Said Aqil Siroj ingin melanjutkan capaian baiknya di berbagai bidang selama 10 tahun memimpin NU. Menurut beliau kunci keberhasilan setiap pencapaiannya dalam memimpin NU adalah dengan mendorong semua banom untuk melaksanakan program kerja masing-masing lembaga tanpa intervensi darinya serta membangun kepercayaan masyarakat terhadap Nahdlatul Ulama.

Mimpi besar KH Said Aqil Siroj adalah setiap cabang NU memiliki perguruan tinggi dan rumah sakit. KH Said Aqil Siroj juga ingin meningkatkan pengiriman beasiswa luar negeri dan kualitas pendidikan pesantren dengan harapan alumni-alumninya dapat menjadi kader NU yang berwawasan luas, cerdas serta mampu menjawab tantangan jaman.

“Mimpi saya masih banyak. Setiap cabang punya perguruan tinggi, setiap cabang punya rumah sakit. Itu mimpi saya, yang artinya saya belum puas dengan pencapaian selama ini” tutur KH Said Aqil Siroj dikutip dari TVNU (Ahad, 12/12/2021)

Selain itu, perubahan yang diharapkan 5 tahun kedepan yakni meningkatnya laju digitalisasi NU, menguatnya database warga nahdliyin, serta keterbukaan NU terhadap arus globalisasi namun tetap berpegang teguh pada prinsip ahlussunah wal jamaah serta taat kepada kiai dan ulama.

“…yang paling penting, yang tidak boleh berubah adalah prinsip ahlussunah wal jamaah. Selebih itu harus berubah, harus merespon dinamika kehidupan internasional, keterbukaan dan kebebasan namun tetap terkendali sam’an wa tha’atan pada kiai dan ulama” tutur KH Said Aqil Siroj dikutip dari TVNU (Ahad, 12/12/2021)

Jika terpilih di tahun ini, maka merupakan kali ketiga KH Said Aqil Siroj mengemban tanggungjawab sebagai ketua umum NU. Kali pertama saat Muktamar ke-32 NU di Makassar tahun 2010-2015 dan kedua pada forum Muktamar ke-33 NU di Jombang.(ken)

 

Comments


BERITA POPULER

To Top