kesehatan

Yuk Bahagia, Hormon Cinta Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

056319300_1611048499-jude-beck-ci2xMOzRfWk-unsplash

Apakah akhi wa ukti ada yang sedang jatuh cinta? Eitss, ternyata jatuh cinta bukan hanya berjuta rasanya serta bikin senyum-senyum sendiri. Perasaan cinta & kasih sayang merupakan emosi positif yang ternyata dapat meningkatkan imun tubuh loh. Saat seseorang jatuh cinta dan berkasih sayang, tubuh memroduksi hormon oksitosin lebih banyak. Hormon ini dihasilkan di bagian hipotalamus pada otak. Sehingga hormon oksitoksin akrab dengan sapaan sebagai hormon cinta.

Selain memberikan perasaan bahagia kepada akhi wa ukti yang sedang jatuh cinta. Ternyata, melalui Studi yang dipublikasikan oleh¬†American Physiological Society’s Physiological Genomics. Peneliti menemukan bahwa hormon oksitoksin memiliki sifat anti inflamasi yang luar biasa.

Beberapa hal sederhana ini, mampu memengaruhi tubuh kamu untuk mendongkrak produksi hormon oksitoksin lo akhi wa ukhti:

  1. Melakukan kebaikan

Saat seseorang melakukan kebaikan seperti berbagi makanan atau membantu sesama, otak melepaskan hormon oksitoksin yang dapat memicu rasa bahagia, optimis & positif. Selain mempengaruhi mood seseorang Prof Sonja Lyubomirsky, Ph.D, mengungkapkan oksitoksin mempengaruhi pelepasan zat nitric oxide yang melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah serta mempengaruhi kesehatan jantung.

  1. Mengekspresikan Cinta Lewat Sentuhan

Tak perlu ragu ketika akhi dan ukti ingin mengekspresikan perasaan cinta pada keluarga. Seorang suami yang memeluk istrinya. Ibu yang memeluk putra-putrinya. Itu membantu pelepasan hormon oksitoksin untuk mereka yang kamu sayangi serta untuk akhi ukhti sendiri. Perasaan bahagia menjadi tumbuh, tingkat kecemasan dan stres berkurang, sistem kekebalan tubuh pun meningkat.

  1. Ngobrol dengan Orang Terkasih

Tentu akhi ukhti merasa senangkan saat ngobrol dengan orang terkasih. Saat ngobrol dan bertukar pikiran timbul rasa empati, kesetiaan serta rasa percaya satu sama lain. Cara meningkatkan hormon cinta ini bisa dilakukan dengan saling bercerita antar pasangan bahkan sahabat. Dengan adanya hormon oksitoksin maka hubungan percintaan, persahabatan, keluarga terkomunikasikan dengan baik, langgeng dan jarang terjadi pertengkaran.

Wah tidak disangka ya, ternyata hormon cinta selain memberikan rasa bahagia dapat membantu menjaga kekebalan tubuh lebih baik. Berbuat baik, mengekspresikan cinta dan aktif berkomunikasi dengan tulus dari hati memberikan energi positif. Jadi, akhi wa ukhti yuk kita tingkatkan hormone oksitoksin agar lebih bahagia. (rik)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top