peristiwa

Suplai Hewan Kurban, 15 Ribu Sapi Madura Dikirim ke Banten-Jakarta

WhatsApp Image 2020-07-29 at 20.11.45

BANGKALAN – Jelang Idul Adha, sapi dan kambing naik daun. Permintaan terhadap dua hewan kurban itu semakin tinggi. Ini menjadi peluang besar pengembagan industri peternakan rakyat melalui penguatan sapi potoong Madura.

Hingga H-2 Idul Adha 1441, sebanyak 15 ribu ekor sapi Madura telah dikirim ke Banten dan DKI Jakarta untuk mencukupi kebutuhan hewan kurban di kedua daerah. Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan terus mendorong penguatan sapi potong untuk memenuhi permintaan sapi madura di momen Hari Raya Kurban tahun depan.

Harapan pengembangan industri sapi Madura ini disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengecek stok hewan kurban di Pasar Tanah Merah Kabupaten Bangkalan, Rabu (28/7). Khofifah juga meninjau proses sosialisasi dan inseminasi buatan pada sapi di Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Pettong Bangkalan Madura, yang memiliki 200 lebih sapi potong yang juga dijual online.

Lebih lanjut Khofifah menyatakan, Program Penguatan sapi potong di Bangkalan ini harus terus didorong karena sapi potong dari Bangkalan ini terbukti telah membantu penguatan suplai untuk daerah lain dan sudah berkontribusi pada Penghasilam Asli Daerah (PAD) Jawa Timur sampai Rp 150 juta.

“Jangan hanya dilihat dari nilainya tapi lihat potensi dan prospek sapi Bangkalan sebagai suplier kebutuhan nasiomal dari sektor sapi potong karena kualitasnya yang sangat baik,” tandasnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur sedang mengembangkan industri peternakan dengan menyiapkam dari sektor hulu hingga hilir. Saat mengunjunhi Gapoktan sapi potong di Desa Pettong, Bangkalan Khofifah melihat dari dekat pabrik pembuatan pakan ternak skala kecil. “Nah, pakan ternak ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan peternakan hewan di sekitar,” imbuhnya.

Selain penyiapam pabrik pakan ternak skala kecil Pemprov Jatim juga siapkan inseminasi buatan sapi pejantan untuk menguatkan pengembangbiakan sapi madura, termasuk di Bangkalan.

(ren/shk)

loading...
Comments

BERITA POPULER

To Top